Kepala SDN 3 Permanu Pakisaji Siapkan Pensiun dengan Usaha Ternak Ayam Potong

Foto: Hari Subagyo (paling kanan) saat sedang mengurus ternak ayam potong miliknya. (ist)

BACAMALANG.COM – Hari Subagyo, Kepala SDN 3 Permanu Pakisaji memilih untuk membuka usaha ternak ayam potong untuk mempersiapkan saat purna tugas atau pensiun agar terhindar dari penyakit power syndhrome.

Ia menjelaskan, inisiatif beternak ayam ini berawal pada April 2020 lalu. Saat itu, ia berpikir akan masa depannya karena lima tahun lagi akan purna tugas. Menurutnya, saat purna tugas inilah dirinya memerlukan aktivitas yang bisa selalu membuat pikiran dan psikis selalu sehat.

“Kemudian saya komunikasi dengan anak untuk berbisnis ternak ayam, dengan harapan sebelum purna tugas dirinya sudah siap secara mental dan bisa membantu putra saya,” ungkap Hari Subagyo, Minggu (11/7/2021).

Lokasi ternak ayam potong ini, lanjut dia, berlokasi di Dusun Pendem Kidul Desa Jatisari Kecamatan Pakisaji. Luas areal ternak sekitar 2000 meter persegi dengan posisi kandang dua tingkat.

“Kandang pertama dihuni ayam 6 ribu ekor. Saya bagi dua kandang, dengan setiap kandang diisi 3 ribu. Jadi total keseluruhan 12 ribuekor ayam potong dengan biaya investasi Rp 600 juta,” tuturnya.

Dengan upaya persiapan pensiun yang dilakukannya ini, ia juga mengajak rekan-rekan satu profesi untuk membuka usaha apapun sesuai minatnya. Hal ini agar fungsi guru tidak hanya saat resmi menjabat, tetapi guru purna tugas juga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Hari menambahkan, bahwa pensiun adalah salah satu masa yang mau tidak mau harus dihadapi setiap manusia. Pensiun adalah sebuah waktu dimana seseorang merasa khawatir karena tidak ada pendapatan lagi, kehilangan identitas karena tidak lagi bekerja dan kebingungan dalam mengisi waktu luang.

“Langkah-langkah yang bisa diambil untuk persiapan pensiun seperti tidak terburu – buru mencairkan dana pensiun, menaikkan dana tabungan pensiun, buat rekening darurat. Suatu saat kita membutuhkan sangat mendesak, buat daftar penerimaan pensiun dan menentukan usaha apa yang akan disiapkan saat pensiun,” jelasnya. (yon)