Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator XL Kodim 0833 Cabang IV Brawijaya Tinjau Vaksinasi di SMP Kartika IV-8 dan IV-9 Malang

Vaksinasi pelajar di sekolah di bawah Yayasan Kartika Jaya, Selasa (21/9/2021). (ist)

BACAMALANG.COM – Saat ini Pemerintah Pusat mulai gencar melaksanakan vaksinasi bagi pelajar. Apalagi sekolah sudah mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

Sebagai upaya  mencegah penularan Covid-19 vaksinasi juga dihelat di SMP KartikaIV-8 dan SMP Kartika IV-9 Malang. Selasa (21/9/2021).

Vaksinasi dosis 1 Sinovac bagi pelajar SMP KartikaIV-8 dan SMP Kartika IV-9 Malang bersama Kodim 0833/Kota Malang tersebut mengambil tema “Mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, dengan taat protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi Covid-19, menuju masyarakat Indonesia yang tangguh dan kuat”.

Pelaksanaan vaksinasi ini ditinjau Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator XL Kodim 0833 Cabang IV Brawijaya Ny. Tari Ferdian Primadhona, didampingi Pasiintel Kodim 0833 Kapten Arm. Hadi Supratikno beserta pengurus.

Kepala SMP Kartika IV-9 Drs. Duriyat Hudianto menuturkan, pelaksanaan vaksinasi yang bertempat di SMP Kartika IV-9 Malang ini menargetkan 500 siswa, sementara yang hadir 344 dan tervaksin sebanyak 343 siswa.

“Vaksinasi di SMP Kartika IV-9 Malang dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, dimana siswa yang datang diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan dilakukan pengukuran suhu tubuh ” jelasnya.

Ia menambahkan, layanan vaksinasi dilakukan di ruang kelas sehingga tidak menimbulkan kerumunan. “Setelah rangkaian vaksinasi selesai, siswa diwajibkan untuk langsung pulang ke rumah masing-masing, tandas Duriyat Hudianto.

Sementara itu, sebanyak 323 siswa SMP Kartika IV-8 Malang juga menerima vaksin oada hari yang sama. Kepala SMP Kartika IV-8 Malang Drs. Sanuri mengatakan, pelaksanaan vaksinasi berjalan tertib dan teratur. “Siswa antri dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator XL Kodim 0833 Cabang IV Brawijaya Ny. Tari Ferdian Primadhona menyampaikan bahwa vaksin merupakan sebuah ikhtiar dalam upaya memutus penularan Covid-19 di kalangan pelajar.

“Vaksinasi kali ini utamanya menyasar sekolah-sekolah dibawah Yayasan Kartika Jaya,” jelasnya.

Namun ia mengingatkan, meskipun sudah divaksin pihak sekolahan agar tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, jauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas.

“Anak-anak semua meskipun sudah divaksin tetap laksanakan 5M, 3T dan berdoa dalam setiap aktivitas kita jangan abai memakai masker,” tegasnya. (ned/lis)