KMI Korsel dan LazisNU Ranting Sumberejo Salurkan 500 Paket Zakat Fitrah

Caption: KMI Korsel dan LazisNU Ranting Sumberejo Salurkan 500 Paket Zakat Fitrah. (ist)

BACAMALANG.COM – Lazisnu Ranting Sumberejo Pagak Kabupaten Malang dan Komunitas Muslim Indonesia (KMI) Korea Selatan mendistribusikan lebih dari 500 paket zakat fitrah tahun ini.

Paket zakat fitrah tersebut berasal dari zakat yang dikumpulkan oleh LazisNU dari masyarakat Sumberejo, juga dari WNI yang berada di Korea Selatan, yang dikumpulkan melalui Komunitas Muslim Indonesia (KMI) Korea Selatan yang saat ini diketuai oleh Hari Galih.

Zakat yang telah terkumpul kemudian disalurkan kepada delapan golongan yang berhak menerima zakat sebagaimana diatur dalam hukum syari’at.

Tidak hanya mustahiq zakat di Sumberejo saja, namun juga di beberapa desa yang berdekatan dengan Sumberejo, diantaranya Desa Pagak, Desa Karangsari, Rejoyoso dan Sumbermanjing Wetan.

“Penyaluran zakat fitrah dilakukan dengan beberapa prinsip pendistribusian, terutama prinsip syariah. Zakat fitrah disalurkan kepada para mustahiq penerima manfaat sesuai yang telah ditetapkan dalam kriteria delapan asnaf,” ujar Ketua Lazisnu Sumberejo, H. Syamsul Arifin.

H. Syamsul Arifin menegaskan, pelaksanaan program pendistribusian zakat fitrah harus akuntabel dan transparan. Selain harus mematuhi prosedur, pendistribusian beras fitrah harus terbuka, dengan memetakan mustahik (orang yang berhak menerima zakat) yang ada di Desa Sumberejo. dan transparansi laporan bisa dipantau di www.nusumberejo.com

“Program ini juga bertujuan mendorong penguatan pelaksanaan zakat di tengah masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang termotivasi untuk segera menunaikan zakatnya, baik zakat mal maupun zakat fitrah,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Muslim Indonesia (KMI) Korea Selatan Hari Galih, mengatakan pihaknya berterima kasih kepada LazisNU ranting Sumberejo atas kerjasamanya.

“Terima kasih kepada lazisNU Ranting Sumberejo atas kerjasamanya. Saya ucapkan Jazakulmullah Ahsanul Jaza telah membagikan donasi dari Komunitas Muslim Indonesia Korsel. Semoga semakin berjaya terukur dan akuntabel,” papar Hari Galih. (had)