KPU Kota Malang Lantik 171 Petugas PPS

Petugas PPS Kota Malang saat dilantik KPUD Kota Malang, Selasa (24/1/2023)

BACAMALANG.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, lakukan percepatan untuk kelengkapan Pemilu 2024. Salah satunya dengan melantik Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), selain itu KPU Kota Malang melantik 171 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Kelurahan.

Pelantikan tersebut berlangsung di salah satu Hotel di Kota Malang, Selasa (24/01/2023).

Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas mengatakan, partisipasi perempuan dalam PPS cukup terpenuhi atau melebihi dari 30%.

“117 laki-laki dan 54 perempuan. Setelah dilantik, tugas PPS harus gerak cepat dalam mempersiapkan berbagai hal. Seperti pemuktahiran daftar pemilih dan pendataan TPS,” ujarnya.

Aminah juga menyebutkan, pelantikan PPS ini merupakan tahapan Pemilu 2024 mendatang, sedangkan  PPS dibentuk dari 57 kelurahan yang ada di wilayah Kota Malang.

“Karena itulah KPU berharap koordinasi dengan Lurah sangat diperlukan, guna memperlancar tugas dari PPS. Apalagi pada pemilu 2024 mendatang, terdapat 2.588 Tempat Penungutan Suara (TPS) seiring dengan pembentukan petugas Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih),” terangnya.

Ia menambahkan, dalam pendaftaran calon anggota PPS sendiri tercatat ada 894 peserta yang mendaftar di aplikasi SIAKBA milik KPU pusat.

Dari 894 peserta, kemudian disaring dalam verifikasi dan dinyatakan lolos mencapai 456 orang. Kemudian, mereka harus mengikuti tes tulis berbasis komputer (CAT), dan terpilih sebanyak 420 peserta.

“Setelah mengikuti tes tulis, mereka dihadapkan dengan tes wawancara sebanyak 393 orang dan pemberkasan lagi hingga terpilih 117 orang yang saat kami lantik,” lanjutnya.

Terkait pelanggaran anggota PPS, jika saat bertugas kedapatan ada yang melanggar, pihaknya akan menyerahkan hak tersebut kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Termasuk laporan masyarakat yang mengetahui ada petugas PPS yang melanggar, bisa disampaikan ke kami dan dilimpahkan ke Bawaslu untuk ditindaklanjuti,” tandasnya.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam mengapresiasi upaya KPU Kota Malang yang telah melantik petugas PPS di Kota Malang.

”Pelantikan petugas pemilihan di tingkat kelurahan sangat penting dalam tahapan pemilu dan tugas berat dari PPS untuk segera melaksanakan tugasnya agar Pemilu 2024 dapat berjalan aman,” pungkas Choirul Anam. (him)