Krisdayanti dan WPA Turen Bahas Shelter di Hari AIDS Sedunia

Selesai beraudiensi berfoto bareng menambah kekompakan dan menguatkan silaturahmi. (ist)

BACAMALANG.COM – Peringati Hari AIDS Sedunia, Kamis (1/12/2022), Kelompok (Warga) Peduli AIDS (WPA) Turen beraudiensi Refleksi Shelter bersama anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti di Luweng Peses Bumdes Tunjungtirto Singosari Kabupaten Malang. Audiensi tersebut bertujuan memberikan pandangan dan formulasi tepat untuk shelter rumah singgah bagi ODHIV dan ODHA.

Adapun peserta audiensi meliputi Pengurus harian Yayasan CAKAP Warga Peduli AIDS Turen terdiri dari Ketua Yayasan, Sekretaris, Bendahara, Koordinator Rumah Singgah serta tim.

“Sesuai tema hari AIDS saat ini adalah Equalize atau kesetaraan. Kami ingin menyamakan melalui kepentingan kebutuhan shelter rumah singgah bagi ODHA dan ODHIV sebagai salah satu upaya penanganan HIV di wilayah Malang Raya,” tegas Krisdayanti.

Dalam audiensi diisi kegiatan berupa peringatan momentum hari AIDS sedunia yang diperingati setiap 1 Desember.

Sementara itu, Istri Wakil Bupati Malang, Hanik Didik Gatot Subroto menuturkan pihaknya memberikan apresiasi terhadap kiprah WPA Turen. “Kami mengapresiasi perjuangan dan kiprah WPA yang selama ini concern dalam agenda pemberdayaan ODHA dan ODHIV,” terangnya

Untuk diketahui Kelompok Peduli AIDS WPA Turen ini memiliki shelter rumah singgah dengan konsep pemberdayaan masyarakat dan kelompok dukung sebaya. Akan tetapi pendanaan masih swadaya masyarakat kelompok sendiri serta mengandalkan donatur.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan CAKAP Warga Peduli AIDS Turen, Tri Nurhudi Sasono berharap banyak dukungan agar WPA dan shelter bisa survive memberikan kemanfaatan luas.

“Harapannya, pihak Pemerintah Kabupaten maupun pusat, dan pihak lainnya, dapat memberikan dukungan khususnya penganggaran pengelolaan Shelter singgah bagi ODHA. Apalagi saat ini trend kasus HIV AIDS akhir-akhir ini meningkat khususnya di Malang Raya,” pungkasnya. (had)