Kuatkan Ideologi Pancasila di Era Digital, Ketua KNPI Kabupaten Malang Sampaikan Perlu Sinergitas Setiap Elemen

BACAMALANG.COM – Dalam upaya menguatkan ideologi Pancasila di era figital, Ketua KNPI Kabupaten Malang Zulham Akhmad Mubarrok menyampaikan perlu sinergitas setiap elemen.

“Membangkitkan kembali nilai-nilai Pancasila di masyarakat terlebih di tengah derasnya perkembangan teknologi dan informasi di era digital ini begitu penting. Ada beragam tantangan bagi Pancasila di era digital yang membawa dampak positif sekaligus negatif. Beragam wacana dan isu cepat menyebar. Oleh sebab itu, perlu sinergitas dari setiap elemen,” tandasnya.

Untuk diketahui DPD KNPI Kabupaten Malang menggelar Youth Conference dengan tema “Peran Pemuda dalam Menguatkan Ideologi Pancasila di Era Digital”, dipandu Miss Grand Model Muslimah Indonesia 2022, Bilqis Islach, menghadirkan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dan Bupati Malang H.M Sanusi, serta Ketua Karangtaruna Kabupaten Malang, Andry Yulianto.

Zulham menegaskan, pihaknya siap hadir dan menampung seluruh ide gagasan dari para pemuda dan OKP yang ada, serta hadir untuk seluruh elemen organ.

“Seluruh OKP dan elemen dapat terus bersinergi. Menguatkan komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik dalam menjalankan kewajiban, sesuai tugas dan fungsinya,” tukasnya.

Sementara itu Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah mensupport gerakan KNPI Kabupaten Malang karena sebagai wadah para pemuda, telah memberikan ruang gerak bagi para pemuda untuk turut dalam pembangunan bangsa.

“Pada era digital kita harus hadir sebagai generasi yang sadar akan ideologi karena jangan sampai ideologi kita tergantikan dengan paham luar yang sangat pesat kita temukan di era teknologi digital ini,” ungkapnya.

Dikatakannya penguatan ideologi, bisa dimulai dari keluarga dan lingkungan. Ia mengajak generasi muda menjadi bagian dari pahlawan kebhinekaan di era 5.0 saat ini.

“Tentu sangat berat merebut kemerdekaan dari penjajah, kita semua berhutang jasa pada pahlawan bangsa. Tapi, mempertahankan dan merawat kemerdekaan juga bukan perkara mudah, khususnya di tengah banyaknya kepentingan anak bangsa saat ini yang banyak mengedepankan ego masing-masing untuk mencapai kepentingan pribadi dan kelompoknya sendiri,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Malang, H.M Sanusi menyampaikan apresiasi kepada kepengurusan KNPI Kabupaten Malang.

“Kepengurusan yang dipimpin oleh Zulham Akhmad Mubarrok telah diawali dengan gerakan yang aktif semoga ini awal yang baik dalam kepengurusan selama 1 periode,” tuturnya.

Dipaparkannya dengan dorongan semangatnya, pihaknya siap mensupport dana hibah untuk KNPI dengan tujuan lebih aktif dalam gerakan perubahan untuk pemuda di Kabupaten Malang. (*/had)