Kunjungi Kota Malang, Ini Pesan Ketua Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Itjen TNI

Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Itjen TNI saat mengunjungi Kota Malang, Jumat (15/10/2021). (ist)

BACAMALANG.COM – Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Itjen TNI mengunjungi Kota Malang, Jumat (15/10/2021).

Tim dengan ketua Kolonel Inf Heriyadi tersebut datang untuk mengecek realisasi program kerja TNI di wilayah Korem 083/Bdj.

Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadona, yang mewakili Danrem 083/Bdj menerima kunjungan kerja tim Wasrik Itjen TNI menyambut di Aula Untung Suropati Makorem 083/Bdj, Jalan Bromo Nomor 17 Kota Malang.

Ferdian, yang membacakan sambutan Danrem 083/Bdj, menghaturkan terima kasih atas kehadiran Tim Wasrik Itjen TNI.

“Kehadiran Tim Wasrik Itjen TNI ini memiliki arti penting dan memiliki nilai manfaat yang besar dalam meningkatkan kinerja organisasi,” kata Ferdian.

Ferdian menambahkan, keberadaan lembaga Wasrik merupakan aplikasi fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol atau pengawasan dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi.

“Oleh karena itu, kehadiran tim Wasrik Itjen TNI secara kelembagaan memiliki otoritas untuk melakukan pemeriksaan kegiatan yang sudah berjalan,” urainya.

Selain itu Wasrik juga bisa mengawasi kegiatan yang sedang berjalan dalam program kegiatan satuan bawah, serta upaya preventif terhadap kemungkinan terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan yang bisa menghambat kinerja organisasi.

“Wasrik sekaligus dapat menjadi dokter yang dapat mengobati serta memberi solusi penyelesaiannya,” tegasnya.

Dalam sambutannya tersebut Danrem berpesan kepada para Perwira Staf agar dapat menyajikan data untuk keperluan Tim Wasrik.

“Berikan data dan keterangan yang objektif, agar analisa situasi dan kondisi bisa tepat sasaran”, jelas Dandim kota Malang.

Sementara itu Ketua Tim Wasrik Itjen TNI Kolonel Inf Heriyadi dalam menyampaikan tentang sasaran Wasrik, yaitu fokus pada pencapaian sasaran kegiatan program kerja.

“Wasrik akan memberi antensi perbaikan dan penyesuaian usai pemeriksaan data, agar sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya .

Terakhir, Heriyadi juga mengharap jajaran Korem bisa memberikan data yang benar dan transparan, sehingga laporan terutama yang berkaitan dengan pertanggungjawaban pengguna anggaran (Wabku) dari satuan akan baik dan benar.

Kasiops Korem 083/Bdj Mayor Inf Galih Sakti P, Kasiren Korem 083/Bdj Mayor Inf Teguh P dan para pejabat pembuat Wabku Kodim jajaran Korem 083/Bdj turut hadir dalam kegiatan tersebut. (ned/lis)