Kuota 300 Orang per Hari, Bank Indonesia Malang Hadirkan Layanan Penukaran Uang Secara Drive Thru

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi menyapa salah satu penukar uang pecahan dalam layanan drive thru di area parkir Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin (25/4/2022). (ned)


 BACAMALANG.COM РSalah satu momentum bulan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri adalah penukaran uang pecahan kecil. Tahun ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang berkolaborasi dengan perbankan dan Perbarindo membuka layanan penukaran uang kecil secara serentak selama 4 (empat) hari, mulai Senin (25/4/2022) hingga Kamis (28/4/2022).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi menuturkan, layanan penukaran ini dilaksanakan melalui dua mekanisme. “Pertama adalah layanan secara Drive Thru yang dihelat di area parkir Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang,” ujarnya di sela penukaran secara drive thru, Senin (25/4/2022).

Dijelaskan Samsun, kegiatan ini memiliki jam operasional terbatas, yakni pukul 10.00-12.00 WIB dengan kuota sebanyak 300 orang per hari. Batas maksimal uang yang bisa ditukarkan adalah sebesar Rp 3,8 juta yang terdiri dari pecahan Rp 1.000 hingga Rp 20.000.

Samsun menambahkan, dalam layanan ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bersinergi dengan 5 Bank, yakni Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Bank Jatim Syariah dan Bank Tabungan Negara. 

“Namun masyarakat tidak dapat langsung datang karena ada tata cara penukaran drive thru seperti wajib melakukan pendaftaran di hari sebelumnya secara online pada aplikasi PINTAR dengan alamat https://pintar.bi.go.id.,” ujarnya.

Dua orang warga saat menukar uang lewat drive thru di area parkir Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin (25/4/2022). (ned)

Penukar juga wajib menunjukkan KTP dan bukti pendaftaran secara online sebelum memasuki area layanan penukaran drive thru. “Penggunaan aplikasi ini juga sebagai mitigasi di masa pandemi,” tukasnya.

Selain itu, imbuhnya, layanan penukaran uang juga dibuka di loket perbankan sebanyak 100 titik dan loket Perbarindo sebanyak 39 titik yang tersebar di kota Batu, kota/kabupaten Malang, kota/kabupaten Pasuruan dan kota/kabupaten Probolinggo.

“Batas maksimal uang yang bisa ditukarkan adalah sebesar Rp3,7 juta yang terdiri dari pecahan Rp2.000 hingga Rp20.000., tanpa pecahan Rp 1.000 seperti di drive thru,” kata Samsun.

Ia menegaskan, layanan penukaran uang yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bersama dengan perbankan dan Perbarindo ini bersifat gratis tanpa dipungut biaya.

“Demi keamanan dan kenyamanan, kami mengimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang pada layanan resmi, baik drive thru maupun loket perbankan dan perbarindo,” tuturnya.

Samsun juga berharap masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. (ned)