La Cica, Gel Penghilang Luka dan Pelembab Karya Mahasiswa UB

Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) dengan La Cica, produk gel multifungsi berbahan utama pegagan (Centella asiatica) sebagai solusi penyembuhan luka serta perbaikan skin barrier, seperti jerawat dan kulit kering. (ist)

BACAMALANG.COM – Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) menciptakan produk multifungsi dengan bahan utama pegagan (Centella asiatica) sebagai solusi penyembuhan luka serta perbaikan skin barrier, seperti jerawat dan kulit kering.

Berdasarkan masalah tersebut, Muhammad Rizky Triantoro, Iin Alipiani, Atha Fawwazah, Nadela Cintya Nurtyas, dan Ulfa Malihatus Sholihah menciptakan inovasi produk yang mampu mengatasi masalah kulit, yaitu La Cica : Gel Wound Healing dan Moisturizer berbasis Centella asiatica sebagai penyembuhan luka serta perbaikan skin barrier.

Ketua tim Muhammad Rizky Triantoro mengatakan, permasalahan kulit sering kali dijumpai akibat faktor luar yang bisa menyebabkan cedera pada kulit, seperti luka, jerawat, stretch mark, dan penuaan dini.
“La Cica merupakan merupakan produk berbentuk gel dengan bahan utama pegagan (Centella asiatica) yang mengandung asiaticoside dan triterpenoid berfungsi untuk menyembuhkan luka,” jelasnya, dalam rilis yang disampaikan Selasa (3/8/2021).

Rizky menambahkan, produk ini juga mengandung Aloe vera sebagai pelembab dan minyak esensial lavender yang menenangkan. Sedangkan menurut Iin Alipiani, Pegagan (Centella asiatica) dengan kandungan asiaticoside berperan dalam pembentukan kolagen, yaitu protein struktur yang memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka dan aktivitas antibakteri terhadap Propionibacterium acne dan Staphylococcus aureus yang menjadi penyebab infeksi jerawat.

“Selain itu, pegagan mengandung senyawa triterpenoid yang memiliki banyak manfaat dan efek farmakologis seperti antioksidan, anti-aging, anti-acne yang berperan dalam perbaikan kulit,” tukas Iin.

Iin menegaskan, La Cica bebas alkohol dan paraben, serta bahan yang telah terstandar sehingga aman digunakan untuk seluruh kalangan termasuk ibu hamil. La Cica telah tersebar di media massa yang dapat ditemukan di online store yaitu Shopee (Lacica official) dan Tokopedia (Lacica Official).

“La Cica juga aktif pada platform Instagram dan Tiktok (@lacica.official) sehingga mudah dalam memberikan informasi terkait produk. Harga yang ditawarkan produk multifungsi tersebut cukup murah agar dapat dijangkau oleh masyarakat,” tandasnya.

La Cica merupakan program PKM Kewirausahaan dibawah bimbingan Apt. Uswatun Khasanah, S.Farm., M.Farm. yang telah mendapatkan pendanaan dari Kemristekdikti. (ned/lis)