Lewat Dokar, Prodi Administrasi Pendidikan FIA UB Belajar Pengelolaan SDM Berbasis Digital

Berfoto bareng di sela-sela kegiatan. (ist)

BACAMALANG.COM – Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UB sukses menggelar kegiatan Dosen Berkarya (Dokar) bertema magang pembelajaran sistim perencanaan, pengendalian, dan evaluasi bidang Pendidikan dan SDM berbasis digital di Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Batu, baru-baru ini.

“Tujuan program ini agar mahasiswa dan dosen Administrasi Pendidikan dapat belajar pengelolaan SDM berbasis digital baik dari perencanaan, pengendalian atau monitoring dan evaluasi bidang pendidikan,” tegas Sekretaris Program, Dr. Abdul Qadir Muslim S.Pd.i., M.Pd, kepada BacaMalang.com, Kamis (1/12/2022).

Diharapkan setelah adanya kegiatan ini peserta dapat mengetahui dan praktik langsung dari sebuah sistem perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan dimana bagian administrasi pembangunan telah menerapkan sistem digital dalam meningkatkan efektifitas pengendalian pembangunan di Kota Batu yaitu dengan adanya Elektronik Kendali Daerah (E-KENDA).

E-KENDA merupakan sistem yang mampu memfasilitasi pengelolaan data paket pekerjaan dan progres pelaksanaannya secara berkala yang sapat memudahkan pemimpin daerah dan SKPD untuk memantaunya secara efektif dan efisien.

Berfoto bersama di kegiatan pelatihan Dokar. (ist)

Peserta diharapkan juga memperoleh pengalaman dan wawasan dari para pemateri yang sudah expert di bidang pembangunan terutama dalam hal peningkatan kualitas SDM berbasis digital.

Peserta kegiatan ini dari magang pembelajaran sistem perencanaan pengendalian dan evaluasi bidang pendidikan dan SDM yaitu terdiri dari sembilan (9) mahasiswa dan dua (2) Dosen Administrasi Pendidikan.

Peserta dua dosen tersebut yaitu Kepala Program Studi Administrasi Pendidikan Dr. Hermawan, S.IP.,M.Si didampingi Sekretaris Program Studi Dr. Abdul Qadir Muslim S.Pd.i., M.Pd

Acara tersebut juga dihadiri oleh 2 pemateri yaitu mantan kepala bagian administrasi pembangunan Sekretariat Daerah Kota Batu Dr Abdul Rais S.Pd., M.Si dan Kepala Bagian Baru Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Lilik Fariha S.H. dan dihadiri pula beberapa staf dari bagian administrasi pembangunan Sekretariat Daerah Kota Batu.

Untuk pelatihan dilakukan di Ayo Café yang berada di jalan H. Sultan Hasan Halim, Sisir, Kecamatan Batu. Pemilihan lokasi ini dimaksudkan agar kegiatan pelatihan tercipta suasana baru dengan lebih santai dan nyaman akan tetapi esensi kegiatan tersebut tetap ada sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Berbagai macam kegiatan yang dilakukan dari rapat kordinasi persiapan, pelatihan, sampai evaluasi program Dokar.

Secara utuh kegiatan dimulai dari tanggal 24 Oktober sampai 30 November 2022, dengan acara puncak dilaksanakan pada Kamis 24 November 2022.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini, Dosen Berkarya para peserta dapat menambah wawasan terutama dalam pengelolaan SDM dan semoga kegiatan belajar ini dapat berlanjut untuk menghasilkan outcome yang diharapkan. Sesuai dengan yang disampaikan oleh pemateri yaitu Peserta dapat menerapkan karakteristik moral dan kinerja seperti kerja keras, pantang menyerah, kreatif dan dapat menyelesaikan problem solving yang terbaik,” pungkasnya. (had)