Lima OPD Kabupaten Malang Diizinkan Akses Data Kependudukan

Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sirath Aziez (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Data kependudukan menjadi salah satu kunci penting untuk meningkatkan pelayanan publik suatu daerah.

Di Kabupaten Malang, baru ada lima organisasi perangkat daerah yang dapat mengakses data kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kelima OPD itu diantaranya Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Koperasi dan UMKM, Badan Pendapatan Daerah, serta Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah.

“Kedepannya nanti mereka bisa mengakses sendiri seusai dengan kebutuhan. Mereka bisa masuk ke data Dukcapil dan mengakses sendiri tanpa harus ribet komunikasi dengan Dukcapil,” ujar Pelaksana tugas Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sirath Aziez, Senin (14/12/2020).

Menurut Sirath, data kependudukan bagi masing-masing OPD sangat vital. Mengingat, beberapa OPD juga bersinggungan langsung memberikan pelayanan masyarakat.

“Setiap OPD itu pasti berkaitan dengan data kependudukan, karena yang dilayani OPD itu masyarakat bukan benda. Jadi kalau melayani masyarakat harus punya data. Kalau kita tidak punya data, pelayanan tidak akan maksimal,” ucapnya.

Terakhir, Sirath menerangkan, meskipun OPD telah diberikan akses kepada data kependudukan, bukan berarti mereka bisa sewenang-wenang menggunakannya. Ada batasan-batasan yang harus dijalankan.

“Ini sudah melalui sistem. Seusai apa yang diminta masing-masing OPD. Jadi masing-masing OPD tidak bisa mengakses sama dengan OPD lain. Itu sesuai kebutuhan,” pungkasnya. (mid/yog)