LIRA Kota Batu Sosialisasikan Prokes dan Bagikan Ribuan Masker

LSM LIRA Kota Batu, saat sesi foto bersama usai pembagian masker dan sosialisasi protokol kesehatan. (Eko)

BACAMALANG.COM – Dalam rangka untuk menekan laju penyebaran Covid-19, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kota Batu mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) dan membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat ke beberapa titik di wilayah Kota Batu, pada Minggu (26/9/2021).

Target sasaran pada kegiatan sosialisasi kali ini di tiga titik, yakni meliputi Songgoriti, Perempatan Pesanggrahan dan Alun-alun Kota Batu, serta masyarakat lainnya.

Wali Kota LIRA Kota Batu, Rudi Cahyono menjelaskan, bahwa giat kali ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat, untuk lebih taat lagi terhadap penggunaan masker, meski Kota Batu sudah memasuki level 2 PPKM.

“Pada giat sosialisasi ini, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan selalu memakai masker. Karena, tadi kami juga melihat beberapa masyarakat tidak memakai masker,” terang Rudi, saat diwawancarai awak media di kantor DPD LIRA Kota Batu, Jalan Melati, Kavling Atas, No.15, Pesanggrahan, Kota Batu.

Dirinya juga mengajak kepada masyarakat di Kota Batu, untuk tidak abai dalam menerapkan protokol kesehatan, dalam hal penggunaan masker.

“Salah satu hal yang penting tetap gunakan masker ketika keluar rumah maupun bepergian, tujuannya jelas untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Seperti di perempatan Pesanggrahan tadi, kami juga membagikan masker kepada pengendara, baik R2 dan R4 dan masyarakat pengguna jalan lainnya,” beber dia.

Ditempat yang sama, Sekretaris LIRA, Suliono, S.H.,M.Kn menambahkan, berkaitan dengan sosialisasi dan pembagian masker gratis tersebut, atas inisiasi wujud bentuk kepedulian LIRA sendiri akan penyebaran Covid-19 di Kota Batu.

“Kami ingin Kota Batu angka penyebaran Covid-19 dapat turun, maka dari itu kami bersama-sama rekan-rekan LIRA Kota Batu menggelorakan sekaligus mengajak kepada masyarakat untuk tidak abai dalam penggunaan masker,” tambah Suliono.

Suliono yang juga wakil ketua DPC PERADI RBA Kabupaten Malang ini juga berpesan, dalam menekan laju pertumbuhan Covid-19, diharapkan masyarakat harus mendukung program pemerintah terkait dengan protokol kesehatan.

“Pemerintah sudah bersusah payah dan bekerja keras menanggulangi wabah virus Corona, maka dari itu sudah seharusnya kita sebagai orang Batu juga mendukung, salah satunya dengan selalu patuh menerapkan protokol kesehatan, dengan tetap memakai masker,” paparnya.

Sementara itu, pembina LIRA Kota Batu, Sri Agus Mahendra juga menyampaikan, terkait denga program-program LSM LIRA dalam membantu upaya pemerintah untuk menghambat laju pertumbuhan Covid-19, juga telah sering dilakukan oleh LIRA.

“Hari ini kami fokus di Kota Batu. Terkait dengan pembagian masker gratis ini kami lakukan, tanpa bekerjasama dengan pihak lain. Jadi, ini memang murni dari LSM LIRA Kota Batu sendiri,” ungkap Hendra, sapaan akrabnya.

Menurutnya, untuk total masker yang dibagikan kali ini jumlahnya mencapai ribuan, dengan harapan masyarakat Kota Batu lebih peduli lagi dengan protokol kesehatan.

“Kami bagikan jumlahnya 1.000 masker. Harapan kami, semoga masyarakat sadar akan pentingnya penggunaan masker. Semoga wabah virus Corona segera berakhir, agar ekonomi masyarakat kembali bangkit,” tandas Mahendra yang juga ketua AWPI (Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia) ini. (Eko)