LIRA Malang Raya Deklarasi Gerakan Anti Terorisme

Deklarasi Gerakan Anti Terorisme sekaligus konsolidasi DPD LIRA Malang Raya di Hotel Pelangi Kota Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Dewan Pimpinan Daerah Lumbung Informasi Rakyat atau LIRA Malang Raya mendeklarasikan Gerakan Anti Terorisme.

Gerakan Anti Terorisme ini dideklarasikan berbarengan dengan konsolidasi internal yang dilaksanakan lembaga swadaya masyarakat berlambang rumah dan padi. Deklarasi Gerakan Anti Terorisme dan konsolidasi digelar di Hotel Pelangi Kota Malang, Sabtu (10/4/2021).

Deklarasi ini dihadiri langsung Gubernur DPW LIRA Jatim, Ir Sutrisno beserta jajaran pengurus, pakar terorisme, serta Camat LIRA seluruh Malang Raya.

“Yang harus diberantas pahamnya ya. Supaya tidak ada anggapan-anggapan atau tuduhan terhadap paham atau agama tertentu. Ini kan tidak bagus. Ini justru memecah belah NKRI. Ini yang tidak kita harapkan,” kata Ketua DPD LIRA Malang Raya, M Zuhdi Achmadi.

Pria yang akrab disapa Didik menambahkan, masyarakat harus terus diberikan edukasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan terorisme. Menurut Didik, tidak ada satu agama pun yang membenarkan aksi terorisme, begitu juga orang-orang yang memeluk satu agama tertentu, tidak boleh diberikan justifikasi sebagai seorang teroris sebelum ada bukti riil.

“Kita ini kan dekat dengan masyarakat. Sehingga kita tahu, oh ternyata belum tentu benar anggapan sebagian besar teman-teman, saudara-saudara kita yang di luar bahwa si A, si B itu teroris, pahamnya radikal, segala macam. Itu yang perlu kita luruskan terhadap masyarakat dan publik. Ini kewajiban semuanya,” terangnya.

Hemat Didik, kedepan LIRA Malang Raya akan memberikan edukasi atau penyuluhan kepada masyarakat terkait terorisme.

“Kita mungkin akan memberi penyuluhan-penyuluhan. Karena kita ada bidang-bidang, ada bidang kerohanian, bidang hubungan antar kelembagaan agama juga ada. Di LIRA ini banyak gus-gus atau kiai-kiai dari semua kelompok, bukan hanya satu kelompok saja. Jadi ya kita ini masyarakat, kita ini adalah potret dari masyarakat itu sendiri,” Didik mengakhiri. (mid/red)

Berikut isi deklarasi Gerakan Anti Terorisme LIRA Malang Raya;

Kami segenap pengurus DPD Lumbung Informasi Rakyat Malang Raya menyatakan,

  1. Mengutuk keras dan menolak segala bentuk aksi terorisme di Indonesia.
  2. Menolak upaya mengaitkan aksi terorisme dengan agama mana pun, karena tidak satupun agama yang membernarkan aksi teror dan membunuh antar sesama manusia.
  3. Aksi terorisme merupakan kejahatan kemanusiaan yang merusak toleransi, persatuan dan kesatuan bangsa.
  4. Menyerukan masyarakat Malang Raya, bersama-sama aparat penegak hukum untuk bersatu melawan Terorisme.