Mahasiswa KKN UM Programkan Desa Wisata dan Bina UMKM di Desa Glanggang

Foto: Mahasiswa UM yang KKN di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji saat membuat alat pengering kerupuk. (ist)

BACAMALANG.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) 2021 membuat program memajukan sektor pariwisata dan memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji.

“Program KKN UM yakni memajukan wisata dengan mendorong sektor wisata. Salah satunya memperbaiki gazebo yang rencananya akan dibuat seperti Cafe Sawah di Pujon,” terang Mohammad Dwiky Yudha Putra, Humas KKN UM.

Ia menambahkan, KKN UM di Desa Glanggang sendiri diikuti oleh 15 mahasiswa dari beberapa jurusan, mulai dari Teknologi Pendidikan, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Pendidikan Luar Biasa, Matematika, Biologi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Geografi, Pendidikan Luar Sekolah, Sastra Arab dan Pendidikan guru Sekolah Dasar (PGSD).

“Untuk pelaksanaannya mulai tanggal 11 Juni sampai 25 Juli 2021,” imbuhnya.

Lanjut dia, tujuan dan sasaran dari KKN ini adalah meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa, menerapkan IPTEKS secara team work dan interdispliner, meanamkan nilai kepribadian keuletan, etos kerja dan tangung jawab kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan.

“Jadi seperti menanamkan jiwa peneliti sejak dini, eksploratif dan analisik, mendorong learning community dan learning society sebagai sarana tidak langsung dalam promosi dan branding institusi,” paparnya

Dengan mengikuti kegiatan KKN ini, terang dia, mahasiswa diharapkan akan memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat serta dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik. Keberhasilan program kegiatan diukur dari sejauh mana mahasiswa mempunyai pemahaman permasalahan yang ada dalam masyarakat, mencari alternatif solusinya, melakukan sosialisasi, komunikasi, dan koordinasi dengan berbagai pihak untuk merealisasikan solusi yang dipilihnya.

“Dalam KKN UM tahun ini, kami membuat beberapa program antara lain Pembuatan Alat Pengering Kerupuk, Pendampingan Pendidikan, Pelatihan Voli, Pendampingan Baca Tulis Quran, Pendampingan UMKM, Desa Wisata, Pembuatan Peta Potensi Desa Terbaru, Pembuatan Buku Katalog Desa dan Pembuatan Video Profil Desa,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Glanggang Sugiarto mengaku berterima kasih kepada pihak UM dan mahasiswa UM yang melakukan KKN karena atas kerjasamanya bisa mendorong kemajuan dalam pembangunan di desanya. (yon)