Manfaatkan Lahan Eks Lokalisasi Gurun, Ini Saran Anggota DPRD Zia Ulhaq

Caption : Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq. (ist)

BACAMALANG.COM – Jika Pemkab Malang ingin memanfaatkan eks bangunan lokalisasi Girun, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq memberikan 2 masukan.

“Kedua hal itu, bisa gedung penampungan kesejahteraan sosial, atau kios UMKM. Gedung penampungan kesejahteraan sosial bisa untuk tempat rehabilitasi anak jalanan (anjal) atau mantan PSK (pekerja seks komersial),” ungkap Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq.

“Bisa juga untuk kios UMKM. Nah ini pengelolaannya bisa bekerjasama dengan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa),” sambungnya.

Lebih lanjut, Politisi Gerindra itu mengatakan meski lahan itu milik PT KAI, namun secara Pemkab Malang bisa memanfaatkan untuk pengembangan masyarakat.

“Selain itu, PT KAI kan memang mempersilahkan Pemerintah Kabupaten Malang memanfaatkan,” simpulnya.

Kemudian, jika ke depannya pemanfaatan tersebut berkembang dan terus mengalami kemajuan. Maka, menurut Zia Pemkab Malang bisa tukar guling aset dengan PT KAI.

“Tukar guling tidak apa-apa. Prinsipnya, yang penting aset pemerintah pusat tidak hilang,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, pasca menggusur eks lokalisasi Girun, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten Malang memikirkan pengelolaan lahan bekas perumahan lokalisasi itu. (had)