Masa Sewa Safe House Diperpanjang Pemkot

Rumah karantina atau Safe House di Kota Malang. (yog)

BACAMALANG.COM – Wali Kota Malang, Drs Sutiaji akan kembali meminjam gedung Badan Kepegawaian dan SDM (BKSDM) Provinsi Jatim untuk dijadikan sebagai rumah karantina. Seperti diketahui, izin operasional rumah safe house ini akan berakhir pada 30 Juni 2021 mendatang.

”Saya sudah komunikasi dengan Bu Gubernur. Ini semua untuk mengurangi beban RS Lapangan juga RS rujukan lain, angka kasus Covid-19 kembali melonjak baru-baru ini,” ungkap Sutiaji, Minggu (27/6/2021).

Untuk diketahui, dalam sepekan terakhir ini angka kasus Covid-19 di Kota Malang kembali melonjak drastis sama halnya di kota-kota besar lainnya. Hampir semua rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 penuh, seperti terjadi di Rumah Sakit Darurat Lapangan Idjen Boulevard.

Kepala Dinkes Kota Malang, Husnul Muarif menambahkan, bahwa langkah Walikota Malang memperpanjang sewa Safe House memang sangat tepat. Ini juga sebagai langkah antisipasi tingkat keterisian bed atau BOR di rumah sakit yang kini sudah nyaris kewalahan.

“Keberadaan Safe House ini untuk mengurangi beban di RS rujukan utama dan juga meminimalisir isolasi mandiri di rumah,” tandasnya. (adv/yog)