Masjid Agung An Nuur Kota Batu Tiadakan Sholat Idul Fitri 1441 H

Foto: Masjid Agung An Nuur Kota Batu, pada tahun ini meniadakan Sholat Idul Fitri 1441 H. (Eko)

BACAMALANG.COM – Guna mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang belum ada tanda-tanda akan mereda, maka Takmir Masjid An Nuur Kota Batu memutuskan untuk meniadakan Sholat Idul Fitri 1441 H tahun 2020 secara berjamaah.

Dan sekaligus, juga meminta kepada masyarakat untuk Sholat di rumahnya masing-masing bersama keluarga.

Ketua Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia Kota Batu H. Achmad Marzuki mengatakan, untuk Masjid An Nuur tahun ini tidak menyelenggarakan Sholat Idul Fitri secara berjamaah di masjid.

“Namun kepada jamaah, kami imbau untuk tetap melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga,” kata H. Achmad Marzuki, Jumat (22/5/2020).

Dirinya mengungkapkan, bahwasanya Takmir Masjid An Nuur memang sebelumnya tanggal 19 Mei telah berkirim surat ke Pemkot Batu. Hal itu dilakukan, terkait dengan pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

“Kami mendapatkan surat balasan, bahwa di Masjid An Nuur untuk meniadakan Sholat Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini,” ujarnya.

Iapun memastikan, tahun 1441 H/2020 ini, Masjid An Nuur tidak menggelar Sholat Idhul Fitri.

“Mari kita ambil hikmah di balik semua ini. Semata-mata untuk keselamatan kita bersama, agar Covid-19 segera cepat berakhir,” terang dia.

Sementara itu, Drs. Ismail A Gani, MM, Kabag Kesra Pemkot Batu mengatakan, mempertimbangkan Fatwa MUI nomor 25 tahun 2020, dan pernyataan dari Menteri Agama dan Perwali 48, tentang pelaksanaan PSBB di Malang Raya, maka untuk tahun ini pelaksanaan Sholat Idul Fitri dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga.

“Ya, hal ini kami lakukan karena mempertimbangkan berdasarkan dari beberapa aspek, lebih-lebih Kota Batu saat ini memang tengah melaksanakan PSBB, yang dimulai 17 Mei hingga 30 Mei,” tukasnya.

Menurutnya, kegiatan Sholat Idul Fitri 1441 H secara berjamaah di masjid tahun ini, untuk sementara waktu ditiadakan.

“Diharapkan, kepada para jamaah bisa beribadah di rumahnya masing-masing bersama keluarga,” tandas dia. (eko)