Melalui Ajang Kreativitas, Kelompok KKM UIN Malang Ini Ciptakan Generasi Cerdas di Desa Talangsuko Turen

Kegiatan Semarak Kreasi Seni Islami (SERASI) di Masjid Darul Falah Desa Talangsuko, Turen. (ist)

BACAMALANG.COM – Selama kurang lebih sebulan, mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang telah melakukan pengabdian di Desa Talangsuko, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Beragam momen selama Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa. Salah satunya adalah acara perpisahan antara Kelompok 181 Jagadita Badranaya dan Kelompok 182 Suwardhana Parahita UIN Malang bersama warga sekitar

Dalam kesempatan ini, mereka bersinergi dengan menggelar acara Semarak Kreasi Seni Islami (SERASI) di Masjid Darul Falah Desa Talangsuko, pada Selasa-Rabu (17-18/1/2023) lalu. Kegiatan ini mengusung tema “Menciptakan Generasi Cerdas Melalui Ajang Kreativitas”, dengan harapan diselenggarakannya acara ini dapat memacu semangat berkompetisi dan melatih daya kreativitas dari anak-anak, khususnya pada anak yang masih menginjak bangku Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Desa Talangsuko.

Pada hari pertama, rangkaian kegiatan yang diadakan adalah lomba untuk tingkat SD/MI dan TPQ yang ada di Desa Talangsuko. Ada empat cabang perlombaan yang diselenggarakan, yaitu Cerdas Cermat, Lomba Adzan, Pildacil, dan Lomba Mewarnai. Perlombaan yang diselenggarakan ini mendapat antusiasme yang tinggi, hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang mencapai 120 orang untuk seluruh cabang perlombaan yang didelegasikan dari SD, MI, maupun TPQ yang ada di Desa Talangsuko.

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang telah melakukan pengabdian di Desa Talangsuko, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. (ist)

Sedangkan pada hari kedua yang merupakan malam puncak acara SERASI, ada beberapa rangkaian acara, dimulai dengan sambutan-sambutan. Kemudian dilanjutkan dengan berbagai penampilan dari anak-anak SD, MI, dan TPQ, lalu bersambung dengan pengumuman pemenang lomba, dan diakhiri dengan pembacaan Maulid Diba’ oleh Kelompok KKM 181 &182. Rangkaian acara berjalan dengan meriah dan pada saat pembacaan Maulid Diba’ berlangsung dengan sangat khidmat. Selanjutnya, Acara SERASI diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh salah satu perwakilan dari KKM UIN Malang.

Sekretaris Desa, Budiono yang mewakili Kepala Desa Talangsuko, mengapresiasi adanya kegiatan ini. “Kegiatan seperti ini sudah jarang sekali dilakukan di desa (Talangsuko) ini. Kegiatan yang dilakukan oleh KKM UIN Malang ini perlu dilestarikan dan semoga menjadi inspirasi bagi masyarakat Desa Talangsuko agar Istiomah dalam mengadakan kegiatan seperti ini,” terangnya.

Setelah semua kegiatan berakhir, para tamu undangan yang hadir dijamu dengan makan bersama yang telah disediakan oleh Kelompok KKM 181 & 182. Hal itu merupakan salah satu bentuk ungkapan terima kasih karena telah diterima dan dibimbing dalam menjalankan kegiatan KKM di Desa Talangsuko. (*/yog)