Melalui Disparta, Pemkot Batu Bagikan Paket Sembako

Foto: Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Batu, Drs. Arief As Siddiq, saat diwawancarai awak media usai membagikan bantuan berupa paket sembako. (Eko)

BACAMALANG.COM – Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata membagikan bantuan 1.500 paket sembako kepada insan wisata maupun pekerja seni budaya yang ada di Kota Batu di Gedung Kesenian, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Rabu (2/12/2020) siang.

Bantuan paket sembako berupa beras, mie instan dan minyak goreng itu diberikan sebagai bentuk rasa kepedulian Pemkot Batu terhadap para pelaku seni yang ada di wilayah Kota Batu.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Batu, Drs. Arief As Siddiq, pemberian sembako tersebut untuk membantu pemulihan perekonomian masyarakat di masa wabah pandemi.

“Ya, khususnya bagi para pelaku wisata yang ada di Kota Batu, karena yang paling terdampak dengan adanya wabah Covid-19 ini salah satunya adalah para pelaku wisata,” kata Arief sapaan akrabnya kepada awak media.

Mantan Lurah Sisir ini menambahkan, bahwasanya mereka yang bergerak di bidang seni budaya, terutama jasa-jasa wisata, dan komunitas yang menyelenggarakan wisata alam dan budaya itu mengalami penurunan omset.

“Para pegiat jasa wisata bisa bergerak aktif, manakala adanya wisatawan. Maka dari itu, dalam hal ini kami (Pemkot Batu) mensuppprt salah satunya melalui bantuan ini, dan itupun jumlahnya tidak seberapa besar,” imbuh dia.

Ia sampaikan pula, bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata.

“Ya, itu semua disamping program-program kami (Disparta). Semisal program pengembangan SDM, infrastuktur, sarana dan prasarana, termasuk juga mendukung pencukupan protokol kesehatan. Seperti pembagian masker dan hand sanitizer, itu kita berikan juga,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjut Arief, sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah kepada para pelaku usaha wisata dan pekerja wisata, manakala yang dilakukan hari ini dengan membagikan paket sembako, diharapkan agar supaya bermanfaat dan meringankan beban perekonomian.

“Mudah-mudahan saja, melalui bantuan ini akan menjadikan motivasi bagi semua untuk sekiranya tetap eksis. Semoga wabah pandemi segera pulih di tahun 2021, agar ke depan pariwisata bisa tetap eksis kembali,” paparnya.

Sementara itu, Angga ketua kesenian reog salah satu dari beberapa penerima bantuan sembako, mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemkot Batu.

“Kami atas nama kesenian reog Desa Tlekung menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Batu, karena telah peduli kepada pelaku seni. Semoga kesenian di Kota Batu semakin jaya dan sukses selalu ke depannya,” tandas bapak satu anak ini. (Eko)