Memaknai Kemerdekaan RI, Satgas COVID IKA UB Berbagi Sembako ke Warga Malsel

Caption : Satgas COVID IKA UB berbagi untuk warga Malsel. (dok pribadi)

BACAMALANG.COM – Memaknai arti Kemerdekaan RI ke-76, Satgas COVID IKA UB (Universitas Brawijaya) berbagi sembako ke Warga Malsel (Malang Selatan).

“Salah satu dampak dari pandemi ini, membuat banyak masyarakat terhimpit ekonomi, sehingga tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, di hari kemerdekaan yang ke-76, SATGAS COVID IKA UB berupaya untuk membangun optimisme masyarakat di tengah pandemi bersama relawan mahasiswa,” ungkap Wakil Ketua Satgas COVID IKA UB Wilayah Malang Raya, Syamsul.

Sebanyak 76 paket sembako dibagikan ke warga oleh Satgas COVID IKA UB pada kegiatan yang bertajuk “Grebek Sembako 76” dengan mengajak relawan mahasiswa.

Seperti diketahui, kemeriahan dalam menyambut 17 Agustus ini dihadirkan oleh IKA UB di tengah pandemi dengan membagikan paket sembako berupa beras, minyak goreng, gula, telur, susu dan vitamin.

Satgas COVID IKA UB memaknai kemerdekaan ke-76 ini dengan berbagi sembako kepada 76 keluarga tidak mampu di Malang Selatan.

Point penting adalah menghadirkan optimisme untuk bangkit dari kesulitan, rasa kepedulian terhadap sesama yang dalam kegiatan ini.

Sejak awal Juli berbagai program dan kegiatan diluncurkan IKA UB sebagai upaya untuk meminimalisir dampak COVID-19 pada masyarakat.

Program yang telah berjalan selama ini antara lain: penyediaan fasilitas karantina sehat, membantu logistik berupa makanan dan sembako pada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, menyediakan telekonsultasi medis melalui appisoman yang didampingi oleh 43 dokter muda dan juga 33 perawat alumni UB, peminjaman dan mobilisasi tabung oksigen, hingga program percepatan vaksinasi, baik di Malang maupun di Jakarta.

“Bagi kami, relawan mahasiswa UB, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Keterlibatan kami menunjukkan bahwa generasi Mileneal juga peduli pada warga yang membutuhkan, terutama di daerah-daerah pinggiran Kota Malang,” ungkap salah satu relawan mahasiswa UB, Asril.

Arti kemerdekaan bagi IKA UB bukan hanya sembuh dan menang melawan COVID 19, akan tetapi juga berbagi dengan masyarakat marjinal yang terpinggirkan dan seringkali dilupakan. Dari kegiatan ini, IKA UB mengajak semua pihak untuk sadar bahwa selain mewujudkan kemerdekaan untuk diri pribadi, sebagai manusia kita juga perlu mewujudkan kemerdekaan bagi masyarakat dengan berbagi optimisme.

Masyarakat yang ingin mendukung program Satgas COVID IKA UB dapat menyalurkan donasinya melalui no rekening BRI 18070100027763 atas nama IKA UB Peduli dan juga melalui platform kitabisa. Pasien isoman yang membutuhkan pemantauan langsung dari tim medis dapat mengakses https://appisoman.com. (*/had)