Mengenang Syahrul Yusuf, Mentor Gigih Beri Spirit Berkarya Musisi Muda

Mendiang Syahrul Yusuf (dua dari kiri) bersama personel TGP Boys.(ist)

Oleh : Nanang Mansyur *

1 September 2023, seperti petir menggelegar di pagi hari, ketika kami membaca berita duka dari WAG SBRPCG Rock Community, kawan kami, sahabat kami, dolor lanang kami, Syahrul Yusuf telah berpulang ke Rahmatullah.

Jumat jam 2 dini hari tadi. Salah satu pejuang musik di Sumberpucung, Malang Selatan telah menghadap Sang Khalik untuk selamanya.

Kiprah almarhum di musik sudah tak diragukan lagi, berawal dari band TGP Boys sejak duduk di bangku SMP.

Hingga menjadi salah satu mentor alat musik drum di sekitar Sumberpucung, dan beberapa kali menyabet gelar The best Drummer ketika mengikuti Festival band se – Jawa Bali saat itu (sekitar tahun 2000an).

Semangat, gigih berjuang dan sangat disiplin dalam bermusik yang selalu almarhum terapkan dan sampaikan saat bersama rekan-rekan di komunitas musik.

Almarhum juga sebagai salah satu pendiri SBRPCG Rock community, penggerak komunitas musik Musisi Malang Selatan yang bermarkas di Sumberpucung dan sekitarnya.

Selain bermusik bersama TGP Boys, almarhum juga pernah membentuk CELL Band, dan DMC Band, kemudian almarhum bersama bassistnya TGP Boys (Faried Widyansyah) juga menjadi player David CB & Friends dan telah beberapa kali perform bersama di berbagai kesempatan kegiatan.

Hingga saat itu tanggal 13 Agustus 2023 menjadi perform terakhir bersama David CB & Friends di acara Charity for Oky Bassist The Binals di salah satu cafe di Kota Malang.

Kala itu almarhum hanya bisa membawakan 3 lagu, selebihnya di gantikan sama drummer lain, dan sejak saat itu kondisinya mulai ngedrop hingga tanggal 1 September kemarin itu.

Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah, perjuangannya di musik dapat bernilai kebaikan dan bermanfaat untuk almarhum dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan kesabaran, kekuatan dan keikhlasan, serta dapat menjadi pemantik semangat buat rekan-rekan musisi Malang Selatan khususnya dan Malang Raya pada umumnya, Aamiin YRA.

*) Penulis : Nanang Mansyur Sumberpucung, Musisi Malang Selatan dan Ketua SBRPCG Rock Community.

*) Isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis dan bukan bagian dari BacaMalang.com