Mensos Risma Begitu Energik Ikuti Simulasi Bencana Bersama Warga Pacitan

Mensos Tri Rismaharini saat mengikuti simulasi bencana di Kabupaten Pacitan (ist)

BACAMALANG.COM – Menteri Sosial Tri Rismaharini begitu bersemangat dan energik ketika mengikuti simulasi kesiapsiagaan bencana bersama warga di Kabupaten Pacitan, Sabtu (11/9/2021).

Simulasi kali ini digelar sebagai antisipasi terjadinya gempa bumi dan tsunami. Bersama warga, Mensos nampak ikut berlari keatas bukit. Meskipun hujan sempat mengguyur, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Mensos untuk terlibat langsung dalam simulasi.

Dipilihnya Pacitan sebagai lokasi simulasi, disebutkan Mensos karena wilayah tersebut memang rawan dari ancaman bencana gempa bumi dan tsunami.

“Simulasi dilakukan di Pacitan karena memang di sini diperhitungkan paling tinggi dampak dari bencana. Mudah-mudahan tidak terjadi. Tapi kalau memang terjadi diharapkan dampaknya bisa diminimalkan,” ucap wanita yang akrab disapa Risma.

Simulasi ini melibatkan personel Tagana, peralatan seperti tenda, alas tidur, permakanan, Mobil Dapur Umum Lapangan dan truk tangki air. Ada sejumlah hal yang disampaikan Risma usai simulasi tersebut dilaksanakan.

“Pastikan kalian membuat simulasi lebih detil kemana masyarakat harus menyelamatkan diri. Perhitungkan yang mengungsi adalah lanjut usia dengan waktu hanya sekitar 20 menit,” kata mantan Wali Kota Surabaya.

Terakhir, Mensos juga berpesan kepada pemerintah daerah dan pilar sosial untuk memperhatikan serius penyelamatan terhadap kelompok rentan, termasuk lanjut usia.

“Kasih titik di mana saja mereka tinggal. Ini akan memudahkan langkah evakuasi,” pungkasnya. (mid/red)