Menuju 10 Besar Desa Wisata, Ketua Komisi III DPRD Optimis Boonpring Juara

Caption : Tutik Yunarni (Ketua Komisi III ) DPRD Kabupaten Malang dan Bupati Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Menuju pemilihan 10 Besar Destinasi Wisata Nasional, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malang, optimis Wisata Boonpring Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang bisa jadi juara.

Hal ini disampaikan di sela-sela giat optimalisasi forkopimda Kabupaten Malang di Kecamatan Turen, Selasa (14/9/2021).

“Kami mengapresiasi segala persiapan yang sudah dilakukan pihak desa dan masyarakat Desa Sanankerto yang sudah bahu-membahu bekerjasama untuk yang terbaik buat penilaian TOP 10 dari 50 desa wisata di Indonesia,” tutur Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malang Dra. Hj. Tutik Yunarni.

Seperti diketahui, telah dilakukan Optimalisasi persiapan penilaian Top 10 Anugerah Desa Wisata pada Selasa (14/9/2021) oleh Forkopimda Kabupaten Malang.

Di Jawa Timur ada 6 desa yang lolos di 6 kabupaten/kota dari jumlah 50 di seluruh Indonesia. Penilaian diperkirakan tanggal 22/23 September 2021.

Selengkapnya yang hadir Bupati Malang, Asisten I Bupati, dan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malang.

Dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meliputi : Pariwisata dan Kebudayaan, Binamarga, Cipta Karya, Sumberdaya Air, Perikanan, Ketahanan Pangan, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Kesehatan, Lingkungan Hidup, BPBD, dan Bank Jatim.

Dari pihak Forkopimda Turen turut mendampingi Forkompimcam (Camat, Koramil, dan Polsek).

Tutik optimis Sanankerto (Boonpring) bisa terpilih karena optimal memenuhi 7 indikator.

“Kami optimis dengan memperhatikan 7 indikator yang sudah ditentukan oleh panitia dari kementrian, dengan modal kerjasama, keseriusan dan komitmen pemerintah desa beliau yakin akan lolos untuk masuk TOP 10 se-Indonesia dan jadi juara 1,” terang Politisi PDIP ini.

MAKSIMALKAN 7 INDIKATOR

Dalam pertemuan ini, Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan harapan bisa maksimal dalam persiapan memenuhi 7 indikator untuk menjadi juara Anugerah Desa Wisata Nasional.

Diharapkan vaksinasi di Desa Sanankerto sudah tuntas sebelum penilaian dari tim pelaksana Kemeparekraf RI. Selain itu Boonpring dinilai memiliki ikon yang berbeda dari desa lain.

“Upaya yang dilakukan Pemkab Malang untuk bisa memenangkan kompetisi ini yaitu memaksimalkan kerjasama lintas OPD dari pemkab untuk mendukung suksesnya kegiatan penilaian,” papar HM Sanusi.

MELENGKAPI FASILITAS

Sementara itu, Kepala Desa Sanankerto Kecamatan Turen, H. Subur, SE memaparkan jika pihaknya telah mengoptimalkan fasilitas wisata desa.

” Upaya yang dilakukan untuk bisa menang, kami melengkapi fasilitas yang dirasa kurang memadai, memberikan P3K untuk tempat, penguatan moril dan materiil kepada KRPL, pengecekan secara intensif setiap hari waktu kerja bakti dan maksimalisasi infrastruktur,” terang H Subur.

Selanjutnya Subur memberikan saran dan harapan. “Diharapkan masyarakat, panitia dan pelaku desa wisata dipacu mulai dari waktu, tenaga dan kreatifitasnya secara berharap. Doakan semoga masuk Top 10 dan menjadi juara 1,” pungkasnya. (had)