Menyusul PKS, PDIP dan NasDem Daftar Bacaleg ke KPU Kabupaten Malang

Komisioner KPU Kabupaten Malang, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Marhaendra Pramudya Mahardika. (ist)

BACAMALANG.COM – Menyusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PDIP dan Partai NasDem direncanakan mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPU Kabupaten Malang, Kamis (11/5/2023).

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Darmadi, menuturkan, pihaknya membidik 17 kursi DPRD Tingkat II pada pelaksanaan Pemilu 2024.

Sebelumnya, pihaknya telah menyetorkan nama-nama Bacaleg kepada DPP Partai.

Selain incumbent yang kini duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Malang, pihaknya juga telah melakukan penjaringan kader-kader potensial.

Termasuk kader-kader milenial yang memiliki potensi di wilayahnya atau dapil.

Untuk setiap dapil jumlah pendaftar melebihi kuota yang ditetapkan oleh KPU. Menurutnya, hal ini menunjukkan besarnya antusiasme dan kesiapan PDI Perjuangan di Kabupaten Malang dalam menyongsong agenda pesta demokrasi tahun depan.

“Target DPC PDI Perjuangan dalam Pileg 2024, adalah 17 kursi dari 50 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Malang berarti ada tambahan 5 kursi dari sebelumnya 12 kursi pada Pileg 2019 lalu,” jelasnya.

Pria yang juga Ketua DPRD Kabupaten Malang itu menyadari, untuk memperoleh 17 kursi merupakan pekerjaan yang butuh perjuangan, namun pihaknya optimistis target tersebut dapat terealisasi, serta PDI Perjuangan akan mampu mempertahankan status sebagai partai pemenang pemilu di tahun 2024.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Malang, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Marhaendra Pramudya Mahardika, mengungkapkan pada Rabu (10/5/2023) partai NasDem mengkonfirmasi akan melakukan pengajuan Bacaleg ke KPU Kabupaten Malang.

“Rencana besok partai NasDem jam 11.00 WIB,” terangnya.

Dikatakannya, nantinya, berkas pengajuan Bacaleg yang diserahkan oleh partai politik peserta Pemilu tersebut, bakal diverifikasi secara administrasi mulai 15 Mei sampai 23 Juni 2023.

“Untuk persyaratan pengajuannya, sesuai tertera di Silon telah dapat diterbitkan tanda terima. Namun tetap akan diverifikasi nanti sesuai jadwal pada tanggal 15 Mei sampai 23 Juni 2023,” pungkasnya.

Pewarta : Hadi Triswanto
Editor/Publisher : Aan Imam Marzuki