Miris, Belasan Warga Sitiarjo Kabupaten Malang Positif Covid-19 Meninggal

Caption : Pemakaman jenazah positif Covid 19. (ilustrasi)

BACAMALANG.COM – Miris. Pasca lockdown Juni 2021 lalu hingga Juli 2021 ini, tercatat ada 19 orang meninggal dunia usai positif Covid 19 di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang.

“Kita telusuri lagi (warga Sitiarjo; red) yang positif COVID-19 dan meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) sejak lockdown 20 Juni lalu hingga 6 Juli ini ada 19 orang,” kata Ketua Sibat PMI Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Yussak Kriswanto, Selasa (6/7/2021).

Seperti diketahui, Relawan siaga bencana berbasis masyarakat (sibat) Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Sumbermanjing Wetan mencatat 19 orang warga Desa Sitiarjo tewas dalam kurun waktu 20 Juni hingga 6 Juli 2021 sekarang.

Sementara, juga ada 6 orang warga Desa Sitiarjo yang tewas di rumah dan dimakamkan sesuai protokol kesehatan. Total ada sekitar 25 orang warga Sitiarjo yang tewas sejak karantina massal di Dusun Rowo Terate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan tersebut.

Yussak juga menyebut, kini karantina massal di Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo telah dibuka sejak Minggu (3/7/2021) lalu. Namun peralatan dapur umum milik PMI Kabupaten Malang masih belum digeser, tetap di Desa setempat.

Ia mengimbau kepada warga Desa Sitiarjo agar tidak segan dan takut untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan atau puskesmas setempat apabila memiliki gangguan kesehatan.

Pihaknya juga meminta masyarakat agar tetap patuhi prokes kalau sakit berobat ke puskesmas biar segera ditangani.

Diberitakan sebelumnya, akses jalan masuk ke Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ditutup, karena ditemukan 5 orang warga setempat terkonfirmasi positif COVID-19, usai mengikuti hajatan pada Sabtu (19/6/2021) lalu. Kelima warga itu diketahui positif COVID-19 usai menjalani Tes PCR pada Minggu (20/6/2021) lalu. (*/had)