Mudahkan Pemantauan Distribusi Elpiji 3 Kilo, Walikota Malang Lakukan Ini

Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, secara resmi meluncurkan aplikasi Si Melon Ijo (Sistem Monitoring Evaluasi dan Koordinasi Elpiji Tiga Kilo), dari Ngalam Command Center (NCC) Balaikota Malang, Senin (07/06). (ist)

BACAMALANG.COM – Sebagai solusi pemantauan distribusi elpiji bersubsidi di Kota Malang, Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, secara resmi meluncurkan aplikasi Si Melon Ijo (Sistem Monitoring Evaluasi dan Koordinasi Elpiji Tiga Kilo), dari Ngalam Command Center (NCC) Balaikota Malang, Senin (7/62021).

“Saat ini pengendalian berkaitan dengan elpiji tabung 3 kg sangat penting, bukan hanya untuk melihat sebaran, bukan hanya untuk monitoring, tapi yang terpenting bagaimana pangkalan-pangkalan tadi berlaku sesuai dengan peraturan,” tegas Walikota Malang Sutiaji.

Aplikasi diluncurkan sebagai solusi pemantauan distribusi elpiji bersubsidi di Kota Malang, melalui pendekatan pemanfaatan teknologi yang dapat diakses di simelonijo.id.

Aplikasi Si Melon Ijo memantau serta mensinergikan antar peran dalam distribusi elpiji, juga memfasilitasi pengaduan masyarakat tentang permasalahan terkait elpiji 3 kg bersubsidi. Merupakan inovasi yang dihadirkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi. Sekaligus menjadi kolaborasi antara Pemerintah Kota Malang bersama Pertamina dan Hiswana Gas.

Selanjutnya, Walikota Sutiaji juga berharap dengan hadirnya aplikasi tersebut, distribusi elpiji 3 kg bersubsidi kepada masyarakat yang berhak menerima dapat terakomodir dengan baik. Sehingga diharapkan mampu meminimalisir terjadinya penimbunan elpiji, fluktuasi harga, distribusi yang tidak tepat sasaran, maupun kelangkaan ketersediaan elpiji 3 Kg.

“Kita tahu bahwa yang memanfaatkan tabung hijau ini khusus orang-orang tertentu. Manfaat yang lebih nanti juga harus untuk masyarakat. Dengan aplikasi ini goalnya kan hak-hak masyarakat tidak dikurangi,” jelasnya.

Turut hadir dalam peluncuran aplikasi Si Melon Ijo, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP), Hadi Santoso, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Nur Widianto, serta Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag), Muhamad Sailendra, serta perwakilan dari Pertamina Wilayah Kota Malang.

Selanjutnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Diah, menerangkan bahwa aplikasi hasil inovasinya tersebut telah melalui proses uji coba, evaluasi, dan bimtek bagi calon pengguna sistem. Nantinya, aplikasi Si Melon Ijo ini akan menyasar pada 20 agen dan 601 pangkalan di Kota Malang dalam pendistribusian elpiji 3 Kg.

Diah juga berharap dengan adanya aplikasi tersebut, distribusi elpiji di Kota Malang dapat lebih terpantau dan tepat sasaran. “Harapannya nanti agen bisa menginput setiap hari. Pangkalan juga bisa menginput setiap hari. Sehingga kita bisa melihat stok ketersediaan elpiji di lokasi tersebut perminggu,” pungkasnya. (adv/lis/had)