Optimalisasi Target, Samsat Malang Selatan Andalkan Program Pemutihan

Adpel Samsat Malang Selatan, Fatkurozi (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Adanya program pemutihan pajak kendaraan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa jadi salah satu andalan KB Samsat Malang Selatan untuk mencapai target PKB dan BBNKB.

Tahun ini pun Samsat Malang Selatan masih berharap program tersebut dilaksanakan.

“Untuk siasat biasanya itu dirangsang dengan program pemutihan dari Bu Gubernur. Kalau ada program pemutihan itu sudah pasti sukses. Jadi dengan adanya program itu sangat membantu sekali, khususnya di Malang Selatan,” kata Adpel KB Samsat Malang Selatan, Fatkurozi, Kamis (13/1/2022).

Fatkurozi memperkirakan target PKB dan BBNKB tahun ini mengalami kenaikan. Hal ini melihat capaian PKB dan BBNKB tahun lalu yang melampaui target.

“Target PKB awalnya kan Rp 164 miliar, untuk BBNKB Rp 73 miliar, kemudian ada program pemutihan itu untuk PKB naik menjadi Rp 184,5 miliar. Tanggal 9 Desember kemarin itu sudah 100% lebih memenuhi target. Kalau target tahun ini kemungkinan bisa diatas tahun kemarin, ini masih menunggu di dok, jadi kita masih belum tahu,” ucapnya.

Terakhir, Fatkurozi menjelaskan setiap Samsat memiliki target yang berbeda. Menurut Fatkurozi, besaran target yang ditetapkan tergantung objek pajak suatu daerah.

“Untuk setiap daerah berbeda-beda, tergantung objek pajaknya. Jadi beda Samsat beda target. Kalau disini kan banyak kendaraan roda duanya, berbeda dengan di Kota Malang yang lebih banyak roda empat,” Fatkurozi mengakhiri. (mid/red)