Ormas PP Kota Batu Datangi Gedung Dewan, Tuntut Junimart Girsang Mundur

Ketua MPC PP Kota Batu H. Endro Wahyu Wijoyono, S.Kom saat audiensi dengan Ketua Komisi C DPRD Kota Batu dari Fraksi PDI Perjuangan, H. Khamim Tohari, S.Sos. (ist)

BACAMALANG.COM – Viralnya soal pernyataan dari Wakil Ketua Komisi II Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Junimart Girsang memicu polemik di dalam Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila (Ormas PP) se-Indonesia.

Hal itu dipicu, usai wakil rakyat itu menyatakan agar Kemendagri tidak memperpanjang izin dari Ormas PP, jika menurutnya membuat keresahan.

Usai massa Ormas PP menggelar aksi protes atas ucapan Junimart Girsang di Jakarta dan kota-kota lainnya, kali ini giliran Ormas MPC PP Kota Batu juga menyerukan hal serupa.

Ratusan Anggota Ormas MPC PP Kota Batu mendatangi Gedung DPRD Kota Batu, bermaksud menemui Fraksi PDI Perjuangan. Massa yang berseragam doreng oranye ini meminta, agar yang bersangkutan dipecat dari partai berlambang kepala banteng tersebut.

Ketua MPC PP Kota Batu, H. Endro Wahyu Wijoyono, S.Kom menegaskan, jika pihaknya meminta kepada Fraksi PDI Perjuangan Kota Batu, agar Junimart Girsang mundur dari jabatannya sebagai wakil rakyat, dan memecat sekaligus mendesak supaya meminta maaf secara terbuka, baik di media online, cetak maupun televisi.

“Kami anggap pernyataan itu mencederai organisasi kami, karena organisasi kami tidak seperti itu apa yang disampaikan, otomatis hal itu juga melukai hati kami sebagai Ormas tertua di Indonesia,” kata Abah Endro sapaan akrabnya kepada awak media, usai audiensi, pada Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, pernyataan itu tidak layak dilontarkan oleh seorang pejabat yang notabene menjabat sebagai wakil rakyat, yang seharusnya menyuarakan aspirasi dari rakyat.

“Karena Ormas PP anggotanya juga banyak, seperti anggota dewan sendiri juga tergabung pada Ormas PP. Jelas ini mencoreng nama baik dan marwah wakil rakyat juga. Maka dari itu, audiensi yang kami sampaikan tadi agar sekiranya dapat ditindaklanjuti hingga ke pusat, agar segera memberikan sanksi tegas berupa pemecatan,” tegas Abah Endro.

Dirinya menambahkan, jika Ormas PP di Kota Batu tidak seburuk yang disangkakan. Bahkan, Ormas PP diakuinya juga kerap acap kali terlibat langsung dengan berbagai kegiatan aksi sosial.

“Karena, kami selalu terlibat langsung dan turun ke jalan seperti menjadi relawan atas musibah bencana alam banjir dan tanah longsor di Dusun Sanbong, Kota Batu beberapa waktu lalu. Selain itu, kami juga mendukung program pemerintah seperti penghijauan lingkungan dengan menanam ribuan pohon, serta santunan kepada anak yatim,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu dari Fraksi PDI Perjuangan, H. Khamim Tohari, S.Sos menyambut baik atas kedatangan rombongan Ormas MPC PP Kota Batu, dan berjanji menyampaikan ke pusat.

“Kami terima kedatangan dari saudara-saudara kami Ormas PP, karena saya juga orang PP. Dan saya tau tidak akan berbuat anarkis. Nantinya tuntutan dari mereka akan saya sampaikan ke pusat, untuk segera ditindaklanjuti secepatnya dan sekaligus memberikan permintaan maaf kepada Ormas PP,” tukas dia.

Mantan wartawan senior ini juga berjanji, untuk membahasnya di internal partai agar tidak menjadi preseden buruk yang mencederai partai di kemudian hari.

“Ya, tujuannya agar supaya tidak menimbulkan polemik dan kegaduhan yang berkepanjangan dan mencoreng marwah sebagai wakil rakyat. Apalagi, kita berangkat dari partai yang sama. Mari kita jaga kondusifitas di Kota Batu, Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang,” tandasnya.

Sebagai informasi, Dr. Junimart Girsang, S.H., M.B.A., M.H. adalah anggota DPR RI periode 2014-2019 dari PDI Perjuangan. Dirinya mewakili daerah pemilihan Sumatera Utara III. Di DPR RI, dia duduk dalam Komisi III, yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan. (Eko)