Pameran Olahan Hasil Perikanan di Mal, Sediakan Produk UKM hingga Konsultasi Bisnis

Foto: Pengunjung melihat pameran produk olahan ikan di Matos, Senin (9/11/2020). (ned)

BACAMALANG.COM – Kondisi new normal di masa pandemi ini dimanfaatkan sejumlah UKM di lingkungan Kantor Bidang Perikanan Kota Malang dengan menggelar pameran produknya.

Acara bertajuk Gelar Produk UKM Binaan ini difasilitasi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, dan dihelat di Malang Town Square (Matos) mulai 9-15 November 2020.

“Alhamdulillah, meski masih pandemi, antusiasme pengunjung cukup baik,” ungkap koordinator pameran, Moedjiati kepada bacamalang.com, Senin (9/11/2020).

Moedjiati menambahkan, pameran ini menampilkan 36 brand olahan ikan, dengan beberapa jenis produk mulai frozen food, makanan kering, hingga makanan siap saji.

“Semuanya berasal dari olahan berbahan dasar ikan, maupun hasil inovasi dengan tambahan ikan, seperti kacang tapi ada ikannya,” papar wanita yang kerap disapa Bu Moe ini.

Lebih lanjut ia menguraikan, pameran ini juga menyediakan
konsultasi bisnis gratis terkait kewirausahaan dan packaging, business plan dan legalitas usaha, hingga IT untuk pembuatan web.

“Ada juga konsultasi budidaya ikan hingga marketing online, baik bagi yang sudah memulai maupun yang baru akan memulai bisnis di bidang olahan perikanan,” imbuhnya.

Bu Moe berharap kegiatan ini dapat lebih meningkatkan hasil UKM. Apalagi digelar di lingkungan mal yang cenderung didatangi pengunjung dari berbagai kalangan. Ia menilai produk perikanan mulai meningkat, karena spesifik dan semakin diminati.

“Salah satu indikatornya adalah semakin banyaknya UKM binaan di bidang ikan dan olahannya,” tandasnya. (ned)