Pandemi Covid-19, Satlantas Polres Malang Beri Dispensasi Perpanjang SIM

Salah seorang warga saat mengajukan perpanjangan SIM di Satpas Polres Malang (Instagram/satlantasresmalang)

BACAMALANG.COM – Satlantas Polres Malang memberlakukan kebijakan baru ditengah situasi pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Pelayanan penerbitan surat izin mengemudi atau SIM, baik untuk yang mengurus baru, perpanjangan ataupun alih golongan, dihentikan sementara. Kebijakan ini berlaku mulai 24 Maret hingga 29 Mei, atau sampai dengan waktu yang beritahukan selanjutnya.

Kemudian, bagi masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada periode waktu diatas, Satlantas Polres Malang memberikan dispensasi. Masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis bisa mengajukan perpanjangan diatas 29 Mei, atau pada saat situasi sudah dinyatakan normal dan pelayanan penerbitan SIM dibuka kembali.

Selanjutnya, khusus bagi masyarakat yang berstatus pasien dalam pengawasan atau PDP atau positif Covid-19, yang masa berlaku SIM-nya habis saat menjalani perawatan, bisa mengajukan perpanjangan setelah dinyatakan sembuh dengan membawa surat keterangan dari dokter.

Adanya kebijakan-kebijakan baru ini dibenarkan Kasatlantas Polres Malang, AKP Diyana Suci Listyawati.

“Betul ada dispensasi bagi masyarakat yang akan melaksanakan perpanjangan,” kata Diyana, Rabu (25/3/2020).

Wanita yang sebelumnya menjabat Kasatlantas Polres Batu ini menambahkan, meskipun ada kebijakan baru tersebut, pelayanan di Satpas Polres Malang hingga kini masih berjalan normal.

“Masih buka untuk pelayanan di Satpas dan Samsat utama. Namun untuk pelayanan unggulan, seperti Samsat Keliling belum bisa operasional sampai batas waktu yang ditentukan,” jelasnya. (mid/yog)