Panen Petani Salak Dampit di Tengah Pandemi Corona

Foto: Petani Salak Dampit panen. (ist)

BACAMALANG.COM – Akhir tahun jelang tahun baru 2021, Petani Salak Pondoh Lumut Kecamatan Dampit bersukacita. Hal ini tak lain karena panen melimpah hingga mencapai 2,5 ton.

“Alhamdulillah Kami bisa panen Salak. Walaupun masih musim Covid, hasilnya sampai 2,5 ton,” tandas Petani Salak Desa Sukodono Kecamatan Dampit Edi, Selasa (29/12/2020).

Seperti diketahui, sejumlah petani di Desa Sukodono Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, selama bertahun-tahun mengembangkan tanaman salak Pondoh Lumut dengan sistem Semi Organik.

Salak jenis ini dinilai handal karena memiliki berbagai kelebihan. Diantaranya yaitu tidak mudah rontok dan cocok untuk iklim setempat.

Edi mulai menanam Salak sejak tahun 2002 pada lahan 1,5 hektar area. Setelah berumur 4 tahun, Salak baru bisa dipanen.

Rata-rata dalam satu kali panen bisa menghasilkan sebanyak Rp 1-3 juta dan dijual di grosir di Gondanglegi.

Untuk penjualan Edi mengungkapkan jika buah Salak selain dijual di grosir juga melayani pengiriman. “Kami juga melayani pengiriman. Saya bersyukur ada juga pembeli di luar Malang Raya,” papar Edi.

Bibit Langka, Pupuk Minim

Edi menjelaskan, saat ini Salak dijual pada harga Rp .2500/per kg. “Harga saat ini sekitar Rp 2.500 per kilogram. Saya pingin harga bisa meningkat biar keuntungan bertambah,” tukas Edi.

Salah satu kendala untuk menjalankan budidaya adalah kelangkaan bibit alias bibit sulit dicari. “Bibit saat ini susah didapat. Saya kesulitan sampai harus mencari-cari informasi dimana jual bibit Pondoh Lumut,” imbuh Edi.

Ia mengungkapkan agar kualitas Salak membaik yang berimbas pada terkatrolnya harga, maka Edi berharap pihak Pemkab Malang melalui OPD terkait, bersinergi memberikan bantuan alat untuk pembuatan pupuk

“Selain bibit sulit dicari. Kendala lain adalah minimnya produksi pupuk. Kami ingin agar OPD terkait membantu peralatan pembuatan pupuk organik. Kalau pupuk tersedia maka mutu buah bagus dan harga bisa membaik,” urai Edi mengakhiri. (had)