Panglima dan Kapolri Tinjau Vaksinasi, Waket Satgas Covid-19 NU Malang Raya Beri Apresiasi

Caption : dr Umar Usman MM. (ist)

BACAMALANG.COM – Adanya serbuan vaksinasi yang digeber TNI-Polri pasca pelandaian kurva pandemi Covid-19, salah satunya yang turut dihadiri Panglima TNI dan Kapolri di Malang Raya, Sabtu (11/9/2021) mendapat apresiasi Wakil Ketua Satgas Covid 19 NU Malang Raya.

“Alhamdulillah adanya serbuan vaksinasi yang digeber TNI-Polri pasca pelandaian kurva pandemi Covid-19 ini patut mendapat apresiasi. Kami mengapresiasi atas kehadiran Panglima TNI dan Kapolri dalam peninjauan vaksinasi. Diharapkan zona menjadi kuning lalu hijau,” tandas Wakil Ketua Satgas Covid NU Malang Raya, dr Umar Usman MM, Sabtu (11/9/2021).

Seperti diketahui, gerai vaksin TNI Polri dilaksanakan di SMA Cor Jesu, dipantau langsung oleh Panglima TNI, dan Kapolri dengan target 5.000 peserta vaksinasi.

Sasaran vaksinasi adalah pelajar, mahasiswa, komunitas, organisasi kepemudaan, suporter Arema FC (Aremania), dan masyarakat Kota Malang.

Untuk dosis pertama di Wilayah Kota Malang sudah hampir menyentuh angka 65,93 persen, sedangkan dosis kedua menuju 40,71 persen.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi yang berada di SMA Cor Jesu, Panglima TNI dan Kapolri juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nur 2 Murtadlo, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

“Adanya kunjungan Panglima TNI dan Kapolri merupakan bukti nyata pemerintah turut hadir dalam penanganan pandemi secara terstruktur, sistematis dan massif,” terang pria berjuluk Dokter Rakyat ini

VAKSINASI TNI AL

Partisipasi kemanusiaan juga ditunjukkan TNI AL. Serbuan vaksinasi Pangkalan TNI AL (Lanal) Malang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Malang dosis ke-2 juga dalam rangka peringatan HUT TNI AL.

Sasaran vaksinasi yaitu masyarakat umum dan KBT di TK Hangtuah Lanal Malang Jalan menari No 64 C Sukun Kota Malang, Kamis (9/9/2021). Jumlah peserta vaksinasi 300 orang.

Sejak awal bulan September 2021, Pangkalan TNI AL Malang setiap hari kerja menggelar kegiatan serbuan vaksin bertempat di halaman TK Hang Tuah 14 Malang.

“Kami memberikan atensi positif TNI AL bisa mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi covid-19. Harapannya, masyarakat Kota Malang Raya pada khususnya akan dapat beraktivitas normal setelah memiliki Herd Immunity,” terang pria yang juga Ketua PC NU Kabupaten Malang ini.

Setiap hari rata-rata sebanyak 500 orang masyarakat Kota Malang dan sekitarnya datang dengan antusias ke lokasi vaksin sejak pagi hari sampai selesai pada sore hari.

“Diharapkan dengan serbuan vaksinasi masyarakat terhindar dari penyebaran Covid-19. Sehingga, kegiatan masyarakat dapat berjalan normal seperti semula,” jelas pria yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Malang ini.

VAKSINASI TNI AU

Bukan hanya TNI AL, TNI AU juga berkontribusi vaksinasi. Selasa (7/9/2021) Tim Serbuan Vaksinasi Lanud Abdulrachman Saleh bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Malang, dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 di dua tempat yaitu di MTs Negeri 1 Malang di Gondanglegi dan di Balai Desa Arjawinangun Kecamatan Kalipare,

Vaksinasi dilaksanakan 20 vaksinator yang memvaksin 778 orang dari 797 pendaftar. Tim Serbuan Vaksinasi Lanud Abulrachman Saleh juga melaksanakan pada 8 September 2021 di tiga tempat yaitu di Gedung Cakrawala Lanud Abdulrachman Saleh, MTs 1 Malang Kecamatan Gondanglegi dan di Desa Candirenggo, Singosari.

VAKSINASI TNI-POLRI

Digelar Vaksinasi di Gerai Vaksin TNI-Polri di Balai Desa Karangpandan dan Jatisari dan SMPN 1 Pakisaji Desa Kendalpayak Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang, Sabtu (11/09/2021). Kegiatan vaksinasi di tiga lokasi tersebut masing-masing dengan sasaran 1250 orang.

Antusias Warga dalam vaksinasi terlihat jelas dengan kehadiran mereka yang berdatangan dan mengantre satu per satu untuk menerima vaksin yang dilayani oleh petugas vaksinator nakes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

“Kami mengimbau meski sudah divaksin agar tetap disiplin menerapkan 5 M protokol kesehatan Covid-19, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas,” tukas pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini.

VAKSINASI POLRES MALANG

Upaya ini menindaklanjuti instruksi bapak Presiden RI yang menginginkan mulai tanggal 26 Juni 2021 sampai dengan seterusnya dilakukan program Vaksinasi massal.

Vaksinasi diharapkan bisa mencapai target 1 juta orang dapat dicapai dalam per-hari. Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 sejauh ini, sudah berjalan sejak awal vaksin diberikan pemerintah pusat ke pemerintah daerah.

“Selama ini TNI Polri sudah terkenal dengan sistem organisasi yang rapi, solid, kompak, berjiwa korsa tinggi, disiplin tinggi, dan besar kecintaan kepada NKRI. Diharapkan dengan adanya kerjasama semua pihak bisa menghalau Covid, kehidupan menjadi normal dan ekonomi membaik,” pungkasnya. (had)