Pasca Gempa 6,1 SR, Begini Info Kerusakan Bangunan dari Warga

Foto : Salah satu rumah rusak terdampak gempa di Dampit, Kabupaten Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Gempa 6,1 SR yang mengguncang Malang menimbulkan dampak ratusan rumah mengalami kerusakan.

Berdasar informasi yang berhasil dihimpun, sejumlah wilayah di Malang Selatan terdampak gempa yang berdasar kabar, turut dirasakan hingga DI Yogyakarta tersebut.

Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang

Data dampak bencana gempa di Kecamatan Kalipare diketahui, di Kalirejo, gibsun dalam masjid rontok, Masjid Al Haromain dinding retak, dan rumah warga ringsek di Kidul Gunung.

Untuk Arjosari, genting masjid rontok, beberapa rumah warga, Kedung Waru 2 dan Sidodadi Babatan.

Untuk Arjowilangun, sekolahan MI Sunan Giri 02 PG Lele, Masjid Al Falah PG Lele, dan plafon masjid jamik Barisan rontok.

Di Kalipare, masjid Al Hasanah Pohjejer tembok retak, genteng rumah warga banyak yang runtuh, genteng warga Sumber Maron dan tembok banyak yang retak.

Di Tumpakrejo, rumah Mbok Lasmini Krajan 1 RT 05 RW 01 rusak. Di Putukrejo, rumah warga banyak rusak ringan, 4 rumah warga rusak sedang dan 5 Masjid rusak sedang.

“Di Banduarjo, rumah Pak Laseno rusak, rumah warga banyak yang putus, masjid AT-TAQWA, dan masjid AS-Somad, mengalami kerusakan,” ujar Agus, Warga Kalipare.

Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang

Sementara untuk wilayah Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang, ada 2 rumah rusak total, dan 2 rusak parah serta 19 rusak ringan.

Untuk korban jiwa nihil, namun karena begitu kerasnya guncangan gempa mengakibatkan arus listrik sempat padam selama beberapa lama, dan baru normal sekitar pukul 19.30 WIB.

“Aliran listrik sempat padam agak lama. Namun untungnya sekarang sudah nyala lagi,” ungkap Mukhlis, warga Tirtoyudo.

Kecamatan Dampit Kabupaten Malang

Salah satu rumah milik Ngatiman, di dusun Kampung Teh Desa Sukodono mengalami kerusakan parah dan ada sekitar 5 sampai 6 rumah rusak berat. Ada juga kerusakan rumah berat di Dusun Sawur Sukodono Dampit.

“Hampir semua kawasan pesisir Selatan banyak yang rusak,” tegas Tamin, salah seorang Petani Kopi Dampit.

Gempa juga menimbulkan dampak di Kecamatan Poncokusumo. Rumah milik Muhammad Zainuddin Yusrin yang akrab dipanggil Mas Iin Bendhu di daerah Poncokusumo rusak.

“Rumah milik sesepuh dan juga figur Aremania Zona Dinoyo (Amazond) tersebut mengalami kerusakan akibat getaran gempa,” terang Hadi narasumber BacaMalang dalam sambungan whatsAppnya. (had)