Pasca Gempa, Ansor dan Banser Kabupaten Malang Dirikan Posko Bencana

Anggota Banser terjun langsung membantu masyarakat pasca gempa di Malang Selatan (ist)

BACAMALANG.COM – Aksi cepat tanggap ditunjukkan Gerakan Pemuda Ansor dan Banser Kabupaten Malang pasca gempa bumi yang mengguncang Malang Selatan, Sabtu (10/4/2021).

Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim mengatakan bahwa sesaat setelah gempa berkekuatan 6,7 menggoyang Malang Selatan, personil Ansor dan Banser di seluruh kecamatan di Kabupaten Malang langsung turun membantu masyarakat terdampak.

“Kita instruksikan ke PAC-PAC untuk membuka posko bencana. Beberapa Banser tadi juga sudah turun untuk membantu warga yang rumahnya mengalami kerusakan,” ujar Husnul.

Lanjut Husnul, pihaknya akan segera koordinasi dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama untuk membantu masyarakat terdampak gempa.

“Kita sedang mendata kebutuhan masyarakat. Kalau yang rumahnya rusak parah itu nanti apa kebutuhannya, selain yang pasti makanan,” terangnya.

Sebagai informasi, gempa bumi terjadi di Malang Selatan dengan magnitudo 6,7 dan diperbaharui 6,1. Gempa terjadi sekitar pukul 14.15 WIB.

Lokasi gempa berada di 8.95 LS, 112.48 BT atau di 90 KM Barat Daya Kabupaten Malang Jawa Timur. Gempa bumi terjadi di kedalaman 25 kilometer, dan tidak berpotensi tsunami. (mid/red)