Pastikan Ketersediaan Minyak Goreng Aman, Polda Jatim Intens Kordinasi dengan Stakeholder Terkait

Ditreskrimsus Polda Jawa Timur (Jatim) bersama Satgas Pangan Jawa Timur memastikan ketersediaan minyak goreng curah dan kemasan aman. (ist)

BACAMALANG.COM – Ditreskrimsus Polda Jawa Timur (Jatim) bersama Satgas Pangan Jawa Timur memastikan ketersediaan minyak goreng curah dan kemasan aman.

“Terkait dengan ketersediaan minyak goreng curah maupun kemasan, Polda Jatim bersama – sama Satgas Pangan Jawa Timur bersinergi dengan Stakeholder terkait baik dari Dinas Perdagangan dan Kepala OPD terkait, ” terang Ditreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Farman.,SIK,MH, Sabtu (9/4/2022).

Ada tiga hal yang dilakukan, diantaranya pertama terkait dengan ketersediaan minyak goreng curah mulai dari CPO sampai ke pabrik menjamin ketersediaannya. Kedua terkait dengan distribusi dari pabrik kepada distributor yang dari distributor nanti ke masyarakat maupun pasar. Terakhir stabilitas harga, kalau ketersediaan dan distribusi lancar maka harga otomatis stabil.

Kombes Farman menambahkan, bahwa berdasarkan data dari kementerian perindustrian pihaknya sudah mengecek ada 19 distributor minyak goreng curah subsidi yang melayani 9 Produsen untuk memenuhi kebutuhan kurang lebih sebanyak 1.382,3 ton/ hari. Dan ini bisa dipenuhi oleh beberapa pabrik Produsen seperti, Wilmar, Smart, Kias, Mega Surya maupun Filma dari Indofood. Kalau ketersediaan sudah terjamin maka tinggal distributor yang harus disalurkan.

“Akan ada penindakan kalau ada distributor yang nakal yaitu menyimpan padahal barang sudah ada di tangannya. Namun dari pengecekan di PT Smart kami melihat itu sudah disalurkan namun harus rutin. Jadi kalau ketahuan satu hari dua hari berpengaruh pada harga,” tutup Dirreskrimsus Polda Jatim. (*/yog)