Peduli Korban Bencana, NU Kabupaten Malang Salurkan Bantuan

Foto: Pengurus dan relawan NU Kabupaten Malang saat akan menyalurkan bantuan. (ist)

BACAMALANG.COM – Dalam rangka untuk meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah, NU Kabupaten Malang Peduli menyalurkan berbagai macam jenis bantuan. Seperti diketahui, dalam kurun waktu satu bulan ini, sudah terjadi lebih dari 40 bencana yang terjadi di beberapa daerah di Kabubaten Malang.

Wakil Ketua PCNU Kabupaten Malang H Noor Shodiq Askandar SE MM mengatakan, sebelum  penyerahan bantuan pihaknya terlebih dahulu dilakukan survei agar dapat tepat sasaran. Seperti bantuan yang ditujukan untuk bencana di wilayah Ngantang dan Pujon hari ini (7/2/2021), yakni berupa penyediaan pipa air bersih, sembako, kaos hingga sarung.

“Untuk yang di Ngantang ini berupa pipa sekaligus pemasangannya untuk aliran dari sumber air yang karena banjir hilang,” kata Gus Shodiq, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, bantuan serupa juga diberikan kepada warga terdampak bencana di daerah Tajinan dan Wajak. Untuk diketahui, NU Kabupaten Malang Peduli ini merupakan gabungan dari berbagai lembaga di bawah naungan NU mulai dari PCNU, Ansor LAZISNU hingga LKKNU. “Intinya dari semua lembaga dan banom yang dimiliki oleh NU,” terangnya.

Menurut ulama yang juga Ketua PW LP Maarif NU Jatim ini, NU secara nyata hadir ditengah-tengah masyarakat mengalami kesulitan dan bersama masyarakat kemudian berusaha untuk bagaimana bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang timbul karena bencana ini. Kegiatan ini, Lanjut dia, akan terus dilakukan, khususnya untuk di Kabupaten Malang dan Malang Raya ini.

“Saya berharap apa yang dilakukan oleh NU Kabupaten Malang Peduli ini nanti menjadi pemicu bagi masyarakat untuk secara bersama-sama membantu masyarakat lainnya yang mengalami kesusahan. Bantuan yang diberikan oleh NU mungkin tidak seberapa, tetapi spiritnya itu yang kita harapakan menjadi bagian dari spirit seluruh warga di Kabupaten Malang dan warga di Malang Raya,” tutur Wakil Rektor II Unisma ini. (tys/yga/red)