Peduli Sesama, Kapolresta Malang Kota Bantu Sembako untuk Difabel

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, SIK., M.Si saat memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada masyarakat difabel dan korban laka lantas. (Eko)

BACAMALANG.COM – Program Berbagi Senyum Untuk Negeri, Kapolresta Malang Kota terjun langsung ke lapangan dengan berkeliling membagikan bansos kepada korban laka lantas dan masyarakat difabel.

Dimasa pandemi sekarang ini, sangat berdampak pada masyarakat Indonesia, tidak hanya korban jiwa, pekerja banyak yang di PHK, usaha banyak yang gulung tikar, bahkan hingga berdampak didunia pendidikan, sekolah yang ditutup sementara, guna mencegah penularan Covid-19.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, SIK., M.Si menjelaskan, bahwa Polri terus saling bahu membahu meningkatkan pencegahan, penanganan hingga memberikan bantuan kepada warga yang berdampak pandemi.

“Kami hari ini mengajak seluruh anggota Polresta Malang Kota, bergerak untuk Berbagi Senyum Untuk Negeri dalam rangka Bakti Sosial Alumni Akpol angkatan 2000, dengan melaksanakan Bakti sosial khususnya kepada masyarakat di Kota Malang,” terang Buher sapaan akrabnya, Rabu (25/8/2021).

Menurutnya, giat Berbagi Senyum Untuk Negeri dalam rangka Bhakti Sosial Alumni Akpol angkatan 2000 Batalyon, dilaksanakan secara serentak.

“Ini merupakan salah satu wujud bentuk kepedulian Polri, dalam meringankan beban masyarakat yang berdampak dimasa pandemi ini, terutama di Kota Malang,” tukas dia.

Mantan Kapolres Batu ini mengungkapkan, dirinya mewakili teman-teman Alumni Akademi Kepolisian angkatan 2000 dengan nama Batalyon “Sanika Satyawada” mengadakan gerakan pendistribusian Bansos dan vaksinasi secara serempak untuk seluruh Indonesia.

“Ya, khususnya yang di Polresta Malang dan Polda Jawa Timur mencoba hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Malang ini,” paparnya.

Perwira Polisi dengan pangkat dua bunga melati di pundaknya ini mengungkapkan, terkait dengan jumlah total pembagian sembako Berbagi Senyum Untuk Negeri kali ini ada 130 paket.

“Termasuk 50 ton beras, 500 liter minyak goreng, 130 box sembako, 3000 masker medis ini masih berjalan hari ini secara simbolis. Dalam pendistribusiannya, kami juga melaksanakan dengan cara door to door kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, juga melibatkan Bhabinkamtibmas juga dalam pendistribusian bansos,” ungkap dia.

Meski begitu, Buher selanjutnya juga akan melaksanakan gerai vaksin dalam kegiatan tersebut. Termasuk agenda-agenda ke depan lainnya yang sifatnya kegiatan-kegiatan kemanusian dan sosial.

“Seperti pada hari ini, kita melaksanakan pendistribusian bantuan bansos kepada paguyuban dan pedagang pasar, pkl, termasuk komunitas driver ojol, komunitas masyarakat supeltas, ada teman-teman Arema, perwakilan dari organisasi kepemudaan dan mahasiswa. Nanti door to door kami akan langsung meninjau saudara-saudara kita, yang disabilitas dan korban laka lantas,” bebernya.

Dengan harapan, lanjut Buher, bantuan sembako bisa membantu meringankan beban saudara kita, mungkin memang belum maksimal sangat signifikan membantu kita hadir ditengah-tengah kesulitaan, dan hadir di wilayah masyarakat Kota Malang,” ujar dia.

Angkatan 2000, masih kata Buher,
Untuk wilayah Polda Jatim itu ada sekitar 28 orang.

“Kita juga melaksanakan kegiatan ini secara serempak di Indonesia, baik rekan-rekan Kapolres, ataupun menjabat direktur maupun pejabat di Polda Jatim yang ada di 34 di kota di Indonesia,” ucapnya.

Tak lupa pula, Buher juga mengucapkan terimakasih kepada perwakilan penerima bansos. “Jangan melihat dari apa wujud yang kami distribusikan, tetapi niat baik kami hadir bersama-sama di tengah-tengah masyarakat,” serunya.

Dalam pengelolaan Kamtibmas di Kota Malang, menurutnya tanpa bantuan dari saudara sekalian baik dari Supeltas, tak bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

“Ya, karena jumlah personel kepolisian terbatas, juga perwakilan dari Aremania, serikat buruh, paguyuban pedagang pasar, serta ojek pangkalan dan online, kami berterima kasih atas kerjasamanya selama ini, karena telah memberi dan membantu meringankan tugas kepolisian,” ungkap dia.

Dirinya juga berpesan, di dalam situasi pandemi Covid-19 ini tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk menjaga keluarga dari penyebaran wabah pandemi.

“Bagi saudara sekalian yang belum melaksanakan vaksin, baik itu keluarga inti maupun saudara, silahkan mendaftarkan kepada Polresta Malang Kota melalui Kasat Lantas, Kasat Binmas, Bhabinkamtibmas maupun melalui Kasat Intelkam,” pungkasnya. (Eko)