Peduli Warga Isoman, Anggota DPR RI Hasanuddin Wahid Sebar Paket Makan Gratis

Relawan Cak Udin saat mengantar makanan ke warga yang sedang Isoman. (Foto: Ist)

BACAMALANG.COM – Kasus Covid-19 mulai melonjak sehingga rumah sakit rujukan penuh. Beberapa pasien harus melakukan isolasi mandiri di rumah. Ditambah lagi adanya aturan PPKM Darurat yang mempengaruhi terhadap mata pencaharian sebagian besar masyarakat.

Hal tersebut menjadikan anggota DPR RI Dapil Malang Raya M. Hasanuddin Wahid (Cak Udin) memberikan perhatian khusus bagi masyarakat yang terpapar Covid-19. Melalui Dapur Cak Udin. Pihaknya telah memberi 1000 lebih makan gratis kepada pasien isolasi mandiri.

“Berangkat dari itulah Kami bersama para relawan di dapil tergerak untuk melakukan aksi sosial kemanusiaan. Kami terpanggil untuk turun atas dasar kemanusiaan,” ungkapnya, Rabu (14/7/2021).

Sekilas info, ada sebanyak 1000 paket makan gratis lebih, namun dinilai masih belum menyentuh angka 50 persen dari target 3000 penerima atau pasien isoman se-Malang Raya.

Mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah mendapatkan suplai makanan siap saji selama berhari-hari melalui layanan Dapur Cak Udin.

Cak Udin yang juga Sekjen DPP PKB mengatakan, berdirinya dapur Cak Udin berangkat dari keprihatinan melihat kondisi pandemi Covid-19.

Pria kelahiran Kota Batu, Jawa Timur ini bersama relawan mulai mendata masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah pada Minggu (11/7/2021).

Proses penyaluran bantuan makanan siap saji dimulai Senin (12/7/2021) hingga akhir Juli 2021. Pihaknya akan meninjau lagi jika masih banyak yang membutuhkan untuk terus dilanjutkan. Proses bakti sosial ini hingga saat ini masih terus berlangsung.

“Semua makanan gratis dan Kami jamin bergizi. Ini berlangsung mulai Senin kemarin disalurkan. Salam sehat untuk masyarakat Malang Raya,” jelasnya.

Untuk teknis pendistribusian, para relawan langsung mengantarkan makanan bergizi ke alamat pasien tempat isolasi mandiri.

Cak Udin mengajak masyarakat tidak ragu melaporkan siapa saja, keluarga, sahabat, tetangga, atau relasi yang berada di wilayah Malang Raya dan sedang menjalani isolasi mandiri untuk mendapatkan layanan makanan gratis.

Syaratnya cukup menunjukkan hasil positif Covid-19 tes swab antigen. Dapur umum dibangun per kecamatan yang ada di Malang Raya dengan mengorbitkan para relawan yang ada.

Cak Udin mengaku senang karena program memberikan makan gratis bagi masyarakat yang isolasi mandiri disambut antusias. Baru diumumkan, narahubung relawan sudah penuh orderan makanan dari para pasien Covid-19 di Malang Raya.

“Alhamdulillah program ini akan terus Kami lanjutkan sesuai dengan kemampuan Kami karena ini juga merupakan arahan sahabat Ketua Umum DPP PKB Gus Muhaimin Iskandar kepada pejabat dan anggota DPR F-PKB untuk turun jalan melakukan aksi sosial. Untuk mendapatkan layanan ini, Anda dapat menghubungi narahubung 081333812118 sebagai PIC. Tetap semangat sembuh bagi masyarakat yang sedang isolasi mandiri,” pungkasnya. (*/had)