Pelebaran Jalan di Tuyomerto Kota Batu, Kades dan Warga Apresiasi Pemkot

Kepala Desa Pesanggrahan, Imam Wahyudi, S.Pd, saat sesi foto bersama awak media, usai meninjau pelaksanaan pelebaran jalan. (Eko)

BACAMALANG.COM – Kepala Desa Pesanggrahan Imam Wahyudi, S.Pd mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada Pemerintah Kota Batu.

Hal itu dikarenakan, melalui DPUPR melaksanakan pembangunan pelebaran jalan di Dusun Tuyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Kamis (9/9/2021).

Dijelaskannya, bahwa 2021 ini rencananya sudah tertata dengan baik. Sehingga diawali untuk pelaksanaan pembangunan pelebaran jalan terlebih dahulu dari bawah, sampai atas lebih dari 2 kilometer.

“Setelah jalan dilebarkan, nantinya drainase dan jalan aspal juga diperbaiki. Sebab, itu merupakan akses jalan utam untuk perekonomian masyarakat Dusun  Tuyomerto, maupun yang ada di Kota Batu ini,” terangnya kepada awak media.

Lebih lanjut, ia katakan yang kedua program dari Pemerintah Kota Batu yakni, ada jalan tembus yang nantinya juga akan menjadi prioritas utama dalam pembangunan Desa Pesanggrahan di Dusun Tuyomerto.

“Ya, nantinya jalan tembus itu dari Dusun Tuyomerto sampai ke Jalan Abdul Gani. Akan tetapi saat ini masih mengawali dipembangunan proyeksi untuk jalan ini bisa lebih baik,” ungkapnya.

Meski demikian, dirinya mengaku sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada DPUPR dan Pemerintah Kota Batu yang telah serius menangani program tersebut.

“Karena terlebih dikondisi pandemi seperti saat ini, masyarakat bagaimana caranya untuk bisa jalan dengan lancar terkait alur perekonomian. Maka dari itu program ini harus jalan untuk akses perekonomian masyarakat yang lebih baik,” tuturnya.

Diakuinya, baik dari Pemerintah Daerah melalui DPUPR, Pemerintah Desa dan Tokoh Masyarakat selalu berkomunikasi dengan pihaknya.

“Semisal ada kendala apapun kami bekerjasama, baik masyarakat membenahi berkaitan dengan drainasenya, pembuangan kotoran sapi yang masuk untuk dipakai bio gas, juga saluran air minum yang dikelola oleh masyarakat ini juga bersama-sama juga dibenahi. Sehingga kelancaran untuk pembangunan di Dusun Tuyomerto ini, bisa berjalan dengan lancar dan cepat sesuai target yang ditentukan,” imbuhnya.

Untuk itu, ia berharap dengan dibangunya akses infrastuktur jalan oleh Pemerintah Kota Batu, akan menambah akses yang lebih baik kepada masyarakat. Supaya jalur ekonomi yang dilalui oleh masyarakat setemlat dapat berjalan lancar dan lebih nyaman.

“Kami sangat berharap sekali kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan, dan  memelihara. Sehingga akses yang dilalui ini terjaga dengan baik. Sedangkan untuk masyarakat lain, terkait kondisi wisata yang ada di Desa Pesanggrahan yakni, Gunung Panderman ini, masyarakat juga bisa menilai bahwa di Dusun Tuyomerto ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena di sini ada pontensi yang sangat besar untuk adanya wisata desa,” pesan Imam dengan penuh harap.

Sementara itu, Lasiman, salah seoarang warga Dusun Tuyomerto sekaligus Tokoh Masyarakat mengucapkan rasa syukur atas dibangunya akses jalan tersebut.

“Alhamdhulillah, kami sangat senang sekali dan berterimakasih kepada Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kota. Karena sudah membenahi akses jalanan yang rusak. Semoga pembangunan jalan ini berjalan dengan lancar, aman dan nyaman,” tandasnya. (Eko)