Pembelajaran Demokrasi di SMAHITA lewat Pemilihan Ketua OSIS

Foto: Proses pemilihan ketua OSIS (kiri) dan Kepala SMAHITA Saifudin Zuhri (kanan). (ist)

BACAMALANG.COM – Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, Sekolah Menengah Atas Islam Al Hikmah Tajinan (SMAHITA) menggelar pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2021-2022 dengan sistem pemungutan suara seperti yang digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kegiatan yang dilaksanakan di tengah pandemi ini, mewajibkan kepada seluruh siswa dan guru tetap menggunakan masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan.

Saifudin Zuhri, Kepala SMAHITA mengatakan, pihaknya melatih sisiwa untuk bisa berdemokrasi ini juga untuk membentuk karakter yang berkepribadian yang siap kalah dan siap menang.

“Kami membina siswa untuk berlatih berorganisasi, mendidik untuk bisa menjadi siswa yang tanggung jawab, serta juga sebagai ajang promosi sekolah,” terangnya.

Dalam pemilihan ketua OSIS pada 25 September 2021 lalu ini, ada dua pasangan calon yang bertarung. Yakni pasangan calon nomer urut 1 Dedik –  Retno dan pasangan calon nomer urut 2 Viesta – Hanifah yang kesemuanya dari kelas XI IPA.

Adapun beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan oleh panitia pemilihan antara lain; penyampaikan visi dan misi pasangan calon dihadapan siswa dan guru-guru, debat pasangan calon dan terakhir proses pemilihan.

Pemilihan ini akhirnya dimenangkan oleh Dedik Satria (Ketua) dan Retno Aprilia Mazida (Wakil Ketua). Mereka diharapkan bisa membawa perubahan dan kemajuan dalam memimpin rekan – rekannya demi kemajuan SMAHITA.

Dedik Satria, ketua OSIS terpilih mengaku siap membantu sekolah dan meneruskan program kakak kelas pendahulunya untuk memajukan SMAHITA.

“Bagi saya ini hanya amanah dan tidak ada yang kalah dan menang, yang penting memajukan pendidikan dan membantu guru dalam menjembatani proses belajar mengajar,” pungkasnya. (yon/red)