Pembiasaan Sholat Dhuha, Wujud Pendidikan Karakter di SDN Sidorahayu 2 Wagir

Foto: Penerapan pendidikan karakter di SDN Sidorahayu 2 Wagir. (ist)

BACAMALANG.COM – SDN 2 Sidorahayu Wagir Kabupaten Malang memberikan pendidikan karakter bagi siswa-siswinya melalui pembiasaan Sholat Dhuha sebelum pembelajaran dimulai.

Kiyanto, Kepala SDN 2 Sidorahayu Wagir menjelaskan, tujuan pembelajaran Sholat Dhuha bagi anak didiknya ini mereka agar menjadi generasi yang berakhlak sesuai pancasila dan berakhlakul karimah. “Sehingga menjadi generasi yang cerdas, berguna bagi nusa dan bangsa,” ungkapnya, Selasa (22/6/2021).

Rizki Sofrul Khoiri, guru Pendidikan Agama Islam SDN 2 Sidorahayu Wagir mengatakan, Pembiasaan Sholat Dhuha berjamaah ini untuk meningkatkan karakter religius atau sikap spiritual siswa, karena KBM sudah diawali dengan ritual peribadatan.

“Untuk menanamkan kedisiplinan dalam diri siswa, karena mereka harus datang lebih pagi ke sekolah untuk melaksanakan Sholat Dhuha bersama,” terangnya.

Foto: Siswa saat melakukan wudhu sebelum Shalat Dhuha. (ist)

Ia memaparkan, pendidikan ini akan menjadikan anak memiliki attitude yang baik atau Akhlaqul Karimah. Dasarnya adalah firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Ankabut ayat 45, yang menjelaskan bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar.

Melalui pembiasaan Sholat Dhuha berjamaah ini, lanjut dia, juga mengajarkan anak akan pentingnya menjaga Ukhuwah Islamiyah dan perilaku gotong-royong.

“Memberikan sugesti kepada anak, dengan membiasakan sholat dhuha dan berdoa kepada Allah SWT, semua hajat dan rezeki akan dimudahkan. Sehingga, dengan adanya pembiasaan Sholat Dhuha sedari dini, diharapkan sampai tua nanti peserta didik dapat menjadi seorang insan kaamil,” ujarnya. (yon/red)