Pemdes Diminta Bantu Atasi COVID-19, Wabup Malang Bilang Begini

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto terlihat mengenakan atribut Arema ketika memberikan keterangan kepada wartawan (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Pemdes diminta Ikut partisipasi membantu mengatasi COVID-19, Wabup Malang menghimbau alokasikan 8 persen dari ADD.

“Pembiayaannya nanti ada dari dana desa dikerahkan 8 persen, ” kata Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto baru-baru ini.

Seperti diketahui, untuk memutus penyebaran COVID-19, Pemerintah Desa diperintahkan mengalokasikan anggaran untuk penanganan COVID-19 sebesar minimal 8 persen dari total Alokasi Dana Desa (ADD) di masing masing Desa.

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menegaskan, dengan didirikannya safe house di setiap kecamatan, untuk menghalau penyebaran virus, maka pembiayaannya, selain dari dana Belanja Tak Terduga (BTT), juga pemerintah Desa harus andil.

Dikatakannya, Pemkab Malang juga menyediakan sebesar Rp 7 miliar sisa dana BTT, yang sebelumnya di alokasi Rp 10 miliar.

“Sebelumnya dana BTT ada Rp 10 miliar dan terpakai Rp 3 miliar, sehingga ada sisa sementara ini Rp 7 miliar yang masih bisa digunakan, ” rincinya.

“Dengan adanya pembiayaan dari BTT dan dari Desa, maka layanan kesehatan di safe house masing masing kecamatan bisa maksimal, terukur dan terstruktur,” pungkasnya. (had)