Pemkot Batu Gelar Rembugan dan Penandatanganan Komitmen Bersama “Shining Brantas”

Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si saat sesi foto bersama pada kegiatan acara Rembugan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Shining Brantas. (Eko)

BACAMALANG.COM – Memperingati Hari Lingkungan Hidup 2021, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Rembugan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Shining Brantas di Wana Wisata Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (6/6/2021).

Peringatan tahun ini mengusung tema “Mewujudkan Restorasi Ekosistem Melalui Shining Brantas Sebagai Upaya Untuk Menjaga dan Melestarikan Hulu Sungai Brantas”.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aris Setyawan mengatakan, bahwa tema restorasi ekosistem ini diambil untuk mewujudkan kelestarian air Kota Batu sebagai Hulu Sungai Brantas yang mengaliri 17 Kab/Kota di Jawa Timur.

“Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di Kota Batu ada di angka 83,52 persen, telah melampaui IKLH di tingkat nasional yakni 76 persen. Tetapi indeks kualitas air kita masih rendah, saat ini kita fokus untuk meningkatkannya,” kata Aris.

Mantan Camat Batu ini menambahkan, upaya restorasi ekosistem di Kota Batu berfokus pada lima hal. “Restorasi Kelembagaan, Restorasi Ekologi melalui penanaman pohon, Restorasi Hidrologi dengan menjaga kualitas dan kuantitas air, Restorasi Morfologi dengan menjaga garis sungai dan Restorasi Sosial Ekonomi melalui edukasi dan sosialisasi,” imbuh dia.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si juga mengatakan, bahwa sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, harus dilakukan secara berkesinambungan.

“Kita harus bisa lebih memberikan pemahaman dan sosialisasi akan pentingnya menjaga lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah dembarangan,” ujar Budhe sapaan akrabnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, untuk menjaga pelestarian lingkungan, selain membuang sampah pada tempatnya, juga dengan tidak menggunakan bahan kimia.

“Ya, agar supaya lingkungan tidak tercemar, masyarakat harus sadar untuk mengurangi penggunaan bahan kimia, tujuannya agar supaya untuk tetap menjaga sumber air kita,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan Penandatangan Komitmen Bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan, yang dilakukan oleh Wali Kota Batu, Forkopimda Kota Batu dan Pegiat Lingkungan. (Eko)