Pemuda Banjarsari Ngajum Geliatkan Ekonomi dengan Produk Tape

Caption : Tape Singkong digemari warga. (ist)

BACAMALANG.COM – Para pemuda di Desa Banjarsari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, dikenal kompak dan solid. Sudah sekitar 1 tahun terakhir ini, mereka mengolah komoditi singkong menjadi tape yang diharapkan menjadi pendongkrak perekonomian rakyat desa setempat.

“Kami membentuk Kelompok Usaha Tape Harapan Sejahtera tanggal 19 November 2020,” tegas Ketua Kelompok Usaha Tape Harapan Sejahtera, Kasrodin, Senin (29/11/2021).

Ia mengaku ingin menjadikan wadah aspirasi, karena selama ini warga bingung mencari mau kemana kalau bahan baku sulit.

Hingga sekarang produk dijual dengan cara : berkeliling, ke pasar, dan online. Sementara untuk bahan baku diperoleh dari petani langsung dan dari pedagang Singkong.

“Saya Ingin memberdayakan warga masyarakat Banjarsari agar bisa lebih kreatif bagaimana cara mengolah tape,” ungkapnya.

Diungkapkannya keunggulan produk tape Banjarsari adalah mempunyai ciri khas manis dan lembut saat dimakan.

Ia menceritakan kondisi saat pandemi kemarin. “Kalau pada saat pandemi pasti ada dampak karena perekonomian semua turun,” imbuhnya.

Ia memaparkan rencana untuk memajukan usaha. “Kami akan membentuk koperasi pedagang tape dengan menyediakan barang-barang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengolahan tape,” paparnya.

“Harapannya masyarakat Banjarsari berharap semua ikut paguyuban atau kelompok karena dengan kelompok kita bisa menjadi lebih kuat dan maju  dan gampang memecahkan masalah,” tukasnya.

KELOMPOK USAHA TAPE HARAPAN SEJAHTERA

Untuk diketahui, Banjarsari merupakan desa yang mayoritas penduduknya berjualan tape singkong mulai dari nenek moyang sampai saat ini, ada kurang lebih 187 anggota yang tersebar di 21 RT dan 6 RW.

Pemasaran produk tape ini dilakukan secara keliling. Para pedagang tape di Desa Banjarsari memasarkan produknya dengan cara tradisional dengan cara keliling dari desa A ke desa B.

Dijual ke pasar. Para pedagang yang menjual dagangan ke pasar biasanya berangkat pukul 01.00 WIB dini hari dan dagangannya dijual ke para tengkulak.

Kelompok Usaha Tape Harapan Sejahtera ini beranggotakan 22 orang, yang diketuai oleh salah satu pedagang tape bernama Kasrodin yang juga menjabat sebagai Ketua RT 01 RW 03.

Lokasi Kantor Paguyuban yakni di RT 01 RW 03 Desa Banjarsari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut bisa menghubungi Kasrodin di nomor Whatsapp 0857-3608-4224. (had)