Pendonor Turun 65 Persen Kala Pandemi, UDD PMI Kabupaten Malang Berinovasi

Caption : Donor darah untuk membantu sesama. (ist)

BACAMALANG.COM – Di tengah ironi jumlah pendonor darah menurun 65 persen kala pandemi, memicu UDD (Unit Donor Darah) PMI Kabupaten Malang terus menjalankan inovasi mengkatrol jumlah pendonor darah.

“Kami prihatin, namun juga sekaligus memaklumi jika terjadi penurunan jumlah pendonor darah. Penurunan terjadi sampai 65 persen. Alhamdulillah Kami tetap bersemangat dan optimis bisa mendongkrak jumlah pendonor lewat serangkaian inovasi,” tegas Kabag Pelayanan UDD (Unit Donor Darah) PMI Kabupaten Malang, Sri Hartami.

Seperti diketahui, hari ini bertepatan dengan peringatan hari donor darah sedunia 14 Juni, yang juga diperingati di Indonesia dan Kabupaten Malang.

Tahun 2021 ini, Hari Donor Darah Sedunia mengusung tema Give Blood and Keep the World Beating. Adapun makna dari tema ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi pendonoran darah agar dapat berguna bagi kesehatan.

Sebagai warga negara yang baik dan cinta NKRI, Sri Hartami sendiri telah terbiasa mendonorkan darahnya.

Berdasarkan penelitian, donor darah memberikan banyak manfaat. Yakni mendeteksi penyakit serius, meningkatkan produksi sel darah, menjaga kesehatan Jantung dan memperpanjang usia.

GAET PENDONOR KALA PANDEMI

“Adanya pandemi menjadikan jumlah pendonor menurun. Penyebabnya diantaranya, karena saat pandemi banyak tempat-tempat yang tidak berani mengadakan donor, sekolah SMA sederajat masih belum aktif, dan banyak masyarakat yang baru vaksin karena boleh donor 14 hari setelah vaksin ke -2,” urai Sri Hartami.

“Upaya untuk menggenjot partisipasi pendonor adalah memberikan sosialisasi, dalam rangka hari donor darah sedunia. UDD memberikan undian dengan aneka hadiah menarik, yang akan diundi tanggal 1 Juli, undian berlaku untuk pendonor selama bulan Juni tanggal 1 sampai 30 Juni 2021,” tutur Sri Hartami.

“Harapan ke depan semoga pandemi ini cepat berakhir dan masyarakat segera bisa mendonorkan darahnya kembali .Semoga masyarakat sadar dan mau mendonorkan darahnya karena setetes darah nyawa bagi seseorang,” tukasnya.

Bagi warga yang ingin meringankan beban sesama dapat berpartisipasi donor darah berkunjung ke Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Malang di Jalan Panji Kepanjen Kabupaten Malang, Telepon 0341 -395350, dan Instagram UTD PMI Kab. Malang (@utdpmikabmalang). (had)