Pengasuh Pesantren Tholabie Kedungkandang Apresiasi Kunjungan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UB

Mahasiswa UB kunjuni Pesantren Manajer Tholabie. (ist)

BACAMALANG.COM – Pesantren menjadi sentra kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam sektor keagamaan, perekonomian dan sosial.

Tak ayal, pesantren kerapkali menjadi jujugan mahasiswa yang sedang menjalankan kegiatan akademik pengabdian masyarakat, seperti halnya kunjungan mahasiswa Universitas Brawijaya ke Pesantren Manajer Tholabie Kedungkandang Kota Malang ini baru-baru ini.

“Kami mengapresiasi kegiatan kunjungan dan pengabdian masyarakat mahasiswa Arsitek Semester 4 Universitas Brawijaya ke Pesantren Manajer Tholabie,” tegas Pengasuh Ponpes Manajer Tholabie, Fahmi.

Dikatakannya mereka bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat di perkuliahan supaya menambah nilai manfaat di kehidupan masyarakat dimulai dari pesantren.

Dijelaskannya mahasiswa didampingi dosen melihat dan menganalisa, peluang apa saja yang ada di sekitar pesantren, serta memetakan sumber daya yang dapat dikelola dan dikembangkan. Khususnya dalam cakupan Arsitektur dan Pembangunan,” imbuhnya.

Diungkapkannya kunjungan mahasiswa akhirnya menemukan potensi yaitu tanaman yang menghasilkan produk herbal, yaitu bunga Telang. Selain itu juga budaya dan adat warga sekitar pesantren yakni Warga Baran Buring Kota Malang.

Diungkapkannya nantinya mahasiswa akan turut membantu membuatkan desain cafe di lantai atas pesantren. “Mereka mau membantu desain cafe di lantai 2 dengan view Kota Malang,” jelasnya.

Ia menjelaskan manfaat dari kunjungan yaitu menemukan masih banyak sumberdaya yang bisa dieksplorasi guna mengimplementasikan ilmu di kampus dan tentunya memberdayakan perekonomian warga.

“Harapannya dengan hadirnya Mahasiswa UB ke area Pesantren Tholabie dapat menjadi bagian dalam membangun peradaban yang lebih Mandiri, Sehat dan Berdaya. Baik dari segi spiritual, budaya dan tentunya dari aspek ekonomi yang sangat menjadi kunci,” pungkasnya. (had)