Pengolok Sukarelawan Semeru Minta Maaf, Netizen Ingatkan Hal Ini

Bang iOne minta maaf lewat YouTube Channel. (ist)

BACAMALANG.COM – Atas adanya permintaan maaf dari pelaku pengolok sukarelawan Semeru yang viral di media Tiktok beberapa waktu lalu, netizen memberikan beragam respon.

Seperti diketahui, menanggapi videonya menjadi polemik viral di TikTok karena konten yang mengolok-olok relawan Semeru, YouTuber Bang iOne menyampaikan permohonan maaf melalui video yang diunggah di channel YouTube Bang iOne pada Selasa (4/1/2022).

Pasca permintaan maaf tersebut Ratusan netizen memberikan beragam respon. Namun pada intinya mereka menyayangkan sikap arogan dan menghimbau pelaku beremphati terhadap perjuangan sukarelawan.

Salah satunya yakni akun bernama Rahman Balibe memposting di grup FB tongkrongan arek-arek Lumajang Jatim. Berikut kutipan selengkapnya :

“Oalah iwan iwan, tau semeru hanya 1 tahun lebih aja udah kayak gini, Mentang-mentang jurnalis tvone+youtuber meliput semeru, sombong, seharunya dirimu ikut turut serta bersama relawan, mengingatkan pun dengan baik bukan malah merendahkan relawan dan tertawa bersama warga sambil video,
Relawan itu sudah melakukan tugas sesuai SOP yang diperintahkan, tugas relawan itu sepenuhnya untuk warga yang terdampak dan jadi korban semeru, dalam bentuk bencana apapun selalu membantu, dia sampai berminggu-minggu rela jauh dari keluarga, datang dari luar jawa, membantu dengan tulus ikhlas”.

Ada pula akun bernama linkinkpark di grup FB IWP (Informasi Warga Pronojiwo) warga asli yang ikut mendorong pelaku minta maaf atas perbuatannya yang dinilai kurang etis. Berikut kutipan selengkapnya.

“tolong direnungkan bang i one channel YouTube, karena sudah menertawakan team relawan yang mengingatkan warga disana, kalau anda tahu tentang semeru cuma satu tahun, saya asli warga lereng semeru menginginkan anda meminta maaf kepada team relawan yang anda tertawakan, kalau mau channel YouTube anda selamat tanpa diunsubscribe oleh para subscriber anda, susah loh cari para subscriber perlu tahunan lho malahan sekarang banyaknya YouTuber yang buat konten tentang bencana semeru lebih banyak juga yang mencari informasi di YouTube, tolong beri klarifikasi atas perbuatan anda, kalau tidak mau subscriber anda berkurang”.

Sementara itu, akun Alby Zafer di IWP di grup FB IWP ( Info Warga Pronojiwo) memposting menginginkan untuk menghargai jasa dan pengorbanan sukarelawan.

“Ya Allah… Relawan tidak dihargai 😭
Ingat relawan ini sampek gak pulang meninggalkan keluarganya di rumah demi bantu saudaranya yang terkena bencana.

Datang jauh demi bantu saudaranya yang terkena bencana, bahkan sampai pertaruhkan nyawa. Tolonglah jangan seperti ini, di ingetin malah diketawain.
Sedangkan kalean mengambil kesempatan demi konten video Youtube untuk dapetin uang/money dari Youtube. Ingat kesombonganmu akan menghancurkanmu bro!.

Diharapkan dengan adanya klarifikasi dan permintaan maaf dari bang iOne atas kesalahannya dapat dipetik hikmah positif di dalamnya mengingat bencana Semeru membutuhkan penanganan lanjutan dan kebersamaan dari semua pihak. (had)