Pentingnya Penerapan Public Speaking Sejak Dini

ilustrasi. (ist)

Tidak sedikit anak-anak mengalami ketakutan dan malu saat berbicara di depan umum, seperti contohnya pada saat di sekolah ketika di minta gurunya untuk berbicara di depan kelas, entah karena banyak orang atau mungkin ada hal lain yang membuat ia merasa takut dan malu untuk berbicara di depan kelas sehingga ia menjadi gugup dan saat berbicara.
Beberapa faktor seperti itulah yang biasa di alami anak-anak. Itulah sebabnya anak-anak harus di latih public speakingnya sejak dini, agar kedepannya mereka bisa lebih percaya diri dalam berbicara.

Penerapan public speaking sejak dini juga mampu membuat meraka untuk mengeksplor perasaan mereka sendiri. Ketika mereka mampu mengeksplor perasaan yang dimilikinya maka dengan itulah mereka mampu menyampaikan keinginan dan dan apa yang mereka butuhkan. Maka dari itu hal inilah yang akan mempermudah kehidupan mereka, hal itu juga harus di mengerti oleh guru mereka di sekolah dan juga orang terdekat mereka terutaman orang tua mereka. Karena guru di sekolah dan orang tua akan lebih mudah mengerti dan memahami apa saja kebutuhan dari anak tersebut.

Lalu selanjutnya, penerapan public speaking sejak dini juga dibutuhkan untuk melatih dan membentuk kepribadian pada diri anak. Kepribadian yang di bentuk dalam penerapan public speaking sejak dini yaitu seperti percaya diri, terbuka dan juga rendah hati. Kepribadian seperti itu di butuhkan untuk mengajarkan hal-hal positif kepada anak sejak dini, seperti percaya diri dalam berbicara di depan umum, bertanya, bercerita apa saja keluh kesahnya dan juga melatih mereka untuk rendah hati ke sesama. Sehingga pada saat nanti mereka bertubuh, kepribadian yang telah diterapkan sejak dini lah yang akan mempengaruhi perkembangan mereka.

Dan yang selanjutnya penerapan public speaking sejak dini juga melatih anak untuk lebih aktif dalam berbagai kegiatan yang mereka ikuti seperti ekstrakulikuler dan juga kegiatan lainnya. Dengan lebih aktif dalam kegiatan yang mereka ikuti, mereka juga bisa berprestasi dalam kegiatan tersebut, mereka juga berani dan mampu mengekspresikan perasaan mereka dan juga mampu menyampaikan apa yang mereka inginkan, maka mereka akan cendenrung lebih aktif dalam berbicara. Karena anak-anak seperti ini lebih cenderung menonjol daripada orang lain. Hal tersebut bisa membatu mereka kedepannya dalam berbicara dan berkomunikasi di depan umum.

Dengan penerapan public speaking sejak dini mampu membuat anak lebih percaya diri dan berani dalam berbicara, mereka juga berani dalam menyampaikan pendapat mereka di depan umum. Ketika semua itu sudah terbentuk sejak dini dan diterapkan dengan baik oleh orang sekitar mereka terutama orang tua, maka mereka sudah tidak takut lagi dalam berbicara di depan umum, karna mereka sudah terbiasa dan sudah terlatih untuk percaya diri saat berbicara sejak dini.

Public speaking juga sangat membatu mereka dalam wawancara kerja nantinya. Public speaking juga sangat membantu mereka dalam dunia kerja yang mereka tekuni, misalnya mereka ingin menjadi seorang penyiar radio, reporter, pembaca berita, dan juga mungkin bisa membantu mereka sebagai MC di suatu acara. Karana public speaking yang baik dan bagus sangat berguna dan sangat diperlukan di masa depan.

Penulis : Choliqia Rahmaniar Maulida Putri (NIM : 202010170311241), mahasiswi Prodi Akutansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.

Editor : Rahmat Mashudi Prayoga, Redaktur BacaMalang.com

Sumber : https://www.kompasiana.com/skillsid/5d5ced9c0d823015a66403c3/3-alasan perlunya-mempelajari-public-speaking-sejak-dini