Percepat Penanganan Bencana, BPBD Kabupaten Malang Buka Pos Lapang di Beberapa Titik

Foto : Kepala BPBD Kabupaten Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Sebagai upaya antisipasi serta percepatan penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten Malang utamanya di musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang telah mendirikan Pos Lapang di beberapa lokasi.

Hal ini diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan kepada awak media, Jumat (14/2/2020).

“Sebagai upaya antisipasi serta percepatan penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten Malang, kami mendirikan Pos Lapang di beberapa lokasi atau titik,” tandas Bambang.

Ia menuturkan saat ini sudah memasuki datangnya musim hujan yang berpotensi dan rawan terjadi bencana.

Bambang menjelaskan, pos lapang dibuka di beberapa lokasi yaitu di kecamatan Ngantang, Tirtoyudo, Tumpang dan Gedangan.

“Harapannya apabila ada bencana di tempat tersebut, maka untuk penanganan kedaruratan dan logistik bisa dilakukan percepatan,” urai Bambang.

Dikatakannya, Pos Lapang perlu dibuka mengingat wilayah Kabupaten Malang yang cukup luas yakni nomer dua setelah Banyuwangi se-Jatim.

“Adanya pos lapang di berbagai tempat adalah karena luasnya wilayah Kabupaten Malang. Ini dimaksudkan agar penanganan bencana bisa quick respon dan memadai,” jelas Bambang.

Ia mengungkapkan, apabila sebuah daerah lokasi bencana berjauhan dari pos lapang maka pihaknya akan bersinergi dan meminta back up dari instansi terkait di lokasi kejadian.

“Apabila ttitik lokasi bencana jauh dari pos lapang. Maka kami akan optimalkan bantuan dengan minta di back up instansi terkait di masing-masing lokasi,” pungkas Bambang. (had)