Percepat Pencairan Bansos, GEMPAR Audiensi dengan Dinsos dan Dishub Provinsi

Caption : Pertemuan GEMPAR dengan Dinsos dan Dishub Jatim. (dok pribadi)

BACAMALANG.COM – Mengingat urgensi Bansos sebagai katup pengaman dan jaminan sosial bagi golongan terdampak pandemi, utamanya para ojol (ojek online), maka dilakukan audiensi melibatkan
Tim 10 GEMPAR (Gerakan Dampak PPKM Darurat) Jatim dengan Dinsos Provinsi dan Provinsi Jatim.

“Intinya kami terus mengawal aksi kemanusiaan di tengah pandemi ini. Dalam pertemuan tersebut telah dihasilkan keputusan :  Bansos dari Kementerian Sosial ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota akan didistribusikan paling lambat hari Jumat (27/8/2021) diawali 17 Kabupaten/Kota,” tegas PIC (person in charge) GEMPAR (Gerakan Dampak PPKM Darurat) Jatim Korwil Malang, Kota Malang Puji Waluyo (Roda 2) didampingi Bayu Sakti (Roda 4), Rabu (25/8/2021).

Seperti diketahui, telah dilakukan audiensi membahas realisasi bansos untuk Driver Online Jawa Timur antara
Tim 10 GEMPAR Jatim dengan Kadinsos Provinsi Jatim beserta staff, serta Kabid Angkutan Dishub Provinsi Jatim, Selasa, 24 Agustus 2021 Pukul 19.30 WIB s/d selesai di Surabaya.

Hasil pertemuan tersebut yakni, Juklak dan Juknis terkait Bansos sudah dikirimkan Dinsos Provinsi Jatim ke Dinsos Kabupaten/Kota mulai tanggal 3 Agustus 2021.

Dana Bansos dari Kementerian Sosial ke Dinas Sosial Kab/Kota akan didistribusikan paling lambat hari Jumat, 27 Agustus 2021 diawali 17 Kab/Kota yaitu Kab. Pacitan, Kab. Trenggalek, Kab. Lumajang, Kab. Banyuwangi, Kab. Bondowoso, Kab. Situbondo, Kab. Pasuruan, Kab. Jombang, Kab. Magetan, Kab. Ngawi, Kab. Bojonegoro, Kab. Pamekasan, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Madiun dan Kota Surabaya.

“Diharapkan rekan-rekan Driver Online Jatim yang tidak disebutkan wilayah kabupaten atau kotanya diatas, untuk segera komunikasi dengan team 10 GEMPAR Jatim agar bisa diakomodir perihal Bansos GEMPAR Jatim,” terangnya.

Lanjut dia, dengan data yang sudah terfilter non penerima PKH, BPNT, BST, & BLT DD (Bansos Nasional) berhak menerima BK Dinsos Driver Online.

Setelah agenda pembagian Bansos khusus Driver Online dari Kementerian Sosial, Tim 10 Gempar Jatim akan berlanjut memfasilitasi rekan-rekan Gempar Jatim untuk bisa mengakses fasilitas produk Bansos dari Pemerintah.

“Kami berterima kasih atas bantuan media yang turut memfasilitasi dan menyalurkan aspirasi kami. Mengingat urgensi bantuan ini untuk rekan driver online, maka diharapkan segera cair dan dapat meringankan beban kala pandemi dan perpanjangan PPKM ini,” pungkasnya. (had)